Deteksi Dini Kanker, dr. Abiran Nababan kembali Sumbang Alat Colonoscopy ke RS HKBP

Rumah Sakit Umum Huria Kristen Batak Protestan (RSU HKBP) Balige di Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara, kembali menerima bantuan satu unit alat medis Colonoscopy yang disumbangkan oleh dr. Abiran Nababan, SpPD, KGEH. dr. Abiran Nababan, SpPD, KGEH dalam presentasinya mengungkapkan alat  Kolonoskopi adalah salah satu jenis pemeriksaan endoskopi yang dilakukan untuk memvisualisasikan seluruh lapisan usus besar dan rektum.

"Kolonoskopi biasanya digunakan untuk mendeteksi iritasi, luka, polip, atau kanker," jelas Abiran. "Kehadiran alat ini sebagai early detection screening, jangan sampai stadium lanjut, harus dilakukan tindakan advance, jadi ngapain harus ke Singapura, di Bona Pasogit saja  diselesaikan," beber Abiran.



Penyerahan bantuan yang disaksikan Sekretaris Jenderal HKBP Pdt. Dr. Victor Tinambunan MST, diawali dengan ibadah dipimpin Kadep Diakonia HKBP Pdt. Debora Sinaga, M.Th bertempat di Aula RS HKBP Balige, Minggu (20/3/22).Ibadah berlangsung hikmat, menerapkan protokol kesehatan dihadiri Sekretaris Yayasan Kesehatan HKBP Dr. Togar Siallagan, MM., AAK,  bersama pengurus Yankes HKBP dr. Abiran Nababan, SpPD, KGEH dan Dr. Sanco Simanullang, ST, MT, IPM, ASEAN Eng, Direktur RSU HKBP Balige dr. Benny Sinaga, SpB, sejumlah staf dan pegawai RS HKBP. Demikian siaran pers Yayasan kesehatan HKBP, di Balige, Minggu (03/04/2022).


Sekjen HKBP Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST dalam arahannya mengucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi atensi yang diberikan dr. Abiran kepada RS HKBP. Kendati pandemi Covid-19 masih berlangsung, namun warga dan simpatisan RS HKBP masih terus memancarkan cahaya-cahaya hati khususnya dalam melakukan pelayanan kesehatan.

"Aksi nyata dan konkrit serta perhatian dari seluruh pemerhati untuk kemajuan RS HKBP, salah satunya dari Bapak dr Adiran Nababan kiranya menjadi berkat dan menjadi persembahan yang mulia di hadapan Tuhan,” ujar Pendeta Victor. Sekretaris Yayasan Kesehatan HKBP dr. Togar Siallagan MM., AAK mengungkapkan; dr. Abiran Nababan yang juga pengurus Yayasan Kesehatan HKBP, dikenal getol memberikan sumbangan pikiran dan materi bagi kemajuan RS HKBP.


"Sebelumnya pada akhir tahun 2021 lalu, juga telah memberikan bantuan Gastroscopy yakni alat medis untuk mendeteksi penderita gangguan pencernaan bagian atas," ujar Togar.  Sementara Direktur RS HKBP Balige dr. Benny Sinaga SpB mengaku bantuan alat ini sangat disyukuri. "Kita berharap dengan adanya alat medis ini  tidak perlu lagi merujuk ke rumah sakit diluar," tukas Benny.

Terpisah, Ketua Yayasan Kesehatan HKBP Letnan Jenderal Purnawirawan Hinsa Siburian mengucapkan terimakasih atas perhatian dan sumbangan jemaat, donatur dan pemerhati Rumah Sakit HKBP Balige. "Yayasan Kesehatan HKBP sangat berterimakasih atas segala sumbangsih yang diberikan Bapak dr. Abiran. Begitu juga para penyumbang lainnya. Tuhan lah kiranya memberkati segala usaha kita mengembalikan kejayaan rumah sakit yang kita cintai ini ," katanya. (Sanco.S/ P. Sam – B’TIK).


Pustaka Digital