"Siap do bagas ni halak na jungkat bahenon ni Jahowa, alai hot do ianggo talutuk ni boruboru na mabalu dihajongjonghon.

Rumah orang congkak dirombak TUHAN, tetapi batas tanah seorang janda dijadikan-Nya tetap."

Poda 15 : 25

Diperdamaikan oleh Kekuatan Allah

Pamansuran, 22 Januari 2023

"Salib adalah kebodohan bagi orang-orang yang tidak percaya, namun bagi "orang percaya" salib adalah kekuatan Allah yang memperdamaikan dan memerdekakan manusia dari kematian kekal akibat dosa manusia." Seruan inilah yang disuarakan Kepala Departemen Diakonia HKBP dalam khotbah Minggu III Ephipanias di HKBP Pamansuran, Distrik XVI Humbang Hasundutan.


Pernyataan itu berangkat dari surat Paulus kepada jemaat di Kota Korintus yang terpecah dan yang mempertanyakan bahkan meragukan kekuatan salib Kristus. Namun sekalipun dianggap kebodohan oleh logika manusia salib yang lemah itulah yang memperdamaikan manusia dengan Allah. Dan itulah yang membuat salib menjadi kekuatan Allah.

Kekuatan Allah itu tinggal dan hidup bersama kita khususnya jemaat HKBP ketika kita mampu melunasi hutang Dana Pensiun yang sangat besar dalam satu tahun. "Itu bukan kekuatan manusia! Itu kekuatan Allah dan kekuatan Allah itulah yang mengantarkan kita memasuki tahun 2023," seru Ibu Kadep menambahi khotbahnya.

Dalam pelayanan minggu ini, Ibu Kadep Diakonia dibantu oleh Ibu Pdt. Santi Aritonang yang bertindak sebagai liturgis. Dan selepas ibadah Minggu, Ibu Kadep juga berperan sebagai pewarta firman dalam acara Ucapan Syukur Awal Tahun HKBP Res. Pamansuran. Berangkat dari tema Tahun Profesionalime dalam Penatalayanan, Ibu Kadep menyerukan sebagai orang percaya jemaat HKBP Pamansuran mengerjakan keselamatan yang Allah berikan karena keselamatan itu aktif dan produktif dalam hidup orang percaya.

HKBP menjadi berkat bagi dunia


Pustaka Digital