"Dibahen i, ndang marnaloja hami; ai lam tu burukna pe hajolmaonnami parduru i, anggo parbagasan i ariari do dipaimbaru.

Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari."

2 Korint 4:16

Edukasi Pencegahan COVID-19 dan HIV AIDS di Sekolah Tinggi Diakones HKBP

HKBP melaksanakan sosialisasi kepada 91 mahasiswa Sekolah Tinggi Diakones HKBP (STD HKBP) di Aula STD, Senin, 07 Februari 2022. Diak. Lamria Sinaga, M.Si (bagian kemahasiswaan Sekolah Tinggi Diakones HKBP) membuka kegiatan seminar ini dan mendorong mahasiswa yang hadir untuk terlibat aktif dalam proses seminar. dr. Tihar Hasibuan, MARS (ketua HKBP AIDS Ministry) menyampaikan sifat-sifat COVID-19 dan bagaimana penularannya melalui aktivitas manusia.


Beliau juga memaparkan hal-hal yang dapat dilakukan oleh mahasiswa agar terhindar dari COVID-19. Beliau menekankan agar mahasiswa tetap menjalankan protokol kesehatan apabila berada di luar rumah, menyiapkan jumlah uang yang pas pada saat membeli sesuatu, mengganti pakaian jika baru dari luar. Beliau juga mendorong mahasiswa untuk segera melakukan pengobatan apabila merasakan gejala-gejala COVID-19, agar mendapatkan pengobatan dan perawatan yang tepat. Sesi dilanjutkan dengan sosialisasi informasi HIV AIDS oleh Diakones Oka Nurhayati Harianja. Beliau memulai sesi itu dengan menanyakan apa saja yang telah mereka ketahui mengenai HIV AIDS. Diak. Oka memaparkan bahwa HIV dapat menginfeksi siapa saja, tidak memandang profesi dan usia, sehingga kita harus tetap menyebarkan informasi yang benar kepada masyarakat.


Beliau juga mengajak mahasiswa untuk ikut dalam upaya dunia dalam menurunkan stigma dan diskriminasi kepada ODHIV, sebab stigma adalah senjata yang paling mematikan karena menggilangkan semangat ODHIV untuk hidup. Oleh karenanya mahasiswa STD HKBP punya peranan yang besar dalam upaya penyebaran informasi kepada masyarakat, sebab pelayanan dan aktivitas diakones kelak akan sering berinteraksi dengan masyarakat. Kegiatan diakhiri dengan penyerahan stand banner yang berisi informasi pencegahan COVID-19 dan penyerahan Buku ODHA Bukan Akhir Segalanya. Kita berdoa, agar kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran dan semangat bagi peserta dalam menjadikan pola hidup sehat sebagai gaya hidup.

HKBP menjadi berkat bagi dunia


Pustaka Digital