Empat Puluh Calon Guru Huria, Bibelvrouw dan Diakones Ditahbiskan


Pada Minggu (8/9) ini menjadi hari yang bersejarah bagi 40 calon guru huria, bibelvrouw dan diakones di HKBP Simaremare Ressort Simaremare Distrik IV Toba. Setelah melewati tiga tahun masa Latihan Persiapan Pelayan (LPP) dan ujian gerejawi, mereka telah belajar sedikit banyaknya mengenai pelayanan gereja. Mereka ditahbiskan oleh Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbantobing. Sebelum menerima penahbisan, mereka diperdengarkan Poda Tohonan masing-masing sebagai garis pelayanan gerejawi yang telah ditetapkan di Agenda HKBP.

Suasana warga jemaat yang hadir pada ibadah minggu tersebut dipenuhi dengan ungkapan syukur atas penahbisan ini. Mereka berharap kehadiran keempat puluh pelayan yang baru saja ditahbiskan menjadi alat Tuhan mengembangkan pelayanan gereja. 

Ke-40 pelayan yang menerima tahbisan ini di antaranya, 9 guru huria, 23 bibelvoruw dan 8 diakones.


Ibadah ini juga dihadiri oleh para pendamping pelayan (suami/istri) serta keluarga memenuhi tenda di halaman gereja, yang turut bersyukur atas tahbisan yang diterima oleh putra dan putri mereka.

Pada khotbah yang didasarkan dari Amsal 8: 12 – 21, Ephorus mengatakan agar seluruh pelayan gereja, terkhusus bagi yang akan ditahbiskan, mengandalkan kebijaksanaan dari Tuhan. Bukan kepandaian dan akal pikiran sendiri. Seorang pelayan yang mengandalkan kekuatan dan kebijaksanaan Tuhan adalah pelayan yang berserah sepenuhnya kepada Tuhan.

Ephorus merefleksikannya terhadap fenomena sosial dan media yang belakangan ini semakin menunjukkan pola hidup yang mengandalkan kekuatan, kepandaian dan akal pikirannya sendiri. Karenanya, setiap pelayan tidak dapat mengandalkan kekuatannya sendiri, sebab ia adalah pelayan Tuhan yang melayani jemaatNya.

Dalam kata sambutannya, salah seorang diakones yang menjadi utusan para pelayan yang baru saja menerima tahbisan, bersyukur atas penyertaan dan pemeliharaan Tuha sepanjang mereka menjalani masa-masa praktek di berbagai tempat. Ia berharap Tuhan menguatkan dan meneguhkan mereka dalam menjalani masa pelayanan selanjutnya sesuai penempatan yang akan mereka terima nantinya.

Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian dalam kata sambutannya menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan atas bertambahnya bilangan pelayan di tengah-tengah gereja. Pelayan gereja berperan penting terhadap terbentuknya spiritualitas warga jemaat dan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Ia mengatakan, kesadaran warga jemaat dan masyarakat terhadap sampah belum cukup. Hal ini dapat dilihat dari kebiasaan masyarakat yang masih ada membuang sampah di sembarang tempat.

Praeses HKBP Distrik III Humbang Pdt Renova Sitorus STh, mewakili para praeses, turut menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan atas penahbisan kepada 40 calon pelayan. Ia berharap pelayanan gereja HKBP semakin berkembang, sebab ke-40 pelayan yang baru ditahbiskan merupakan rekan sekerja pendeta dalam pelayanan di tengah-tengah warga jemaat.

Kepala Departemen Koinonia Pdt Dr Martongo Sitinjak, mewakili pimpinan, mengajak mereka melakukan pelayanan dengan sungguh-sungguh, sebab pelayanan yang mereka lakukan bukan dari diri mereka sendiri, melainkan firman Tuhan itu sendiri yang bekerja di dalam diri para pelayan. Kehadiran pelayan di tengah-tengah warga jemaat bukan menjadi batu sandungan, tapi menjadi pelayan yang berintegritas.

Sebelum ibadah, dilakukan prosesi dari rumah seorang warga jemaat sambil diiringi tim musik alat tiup. Anak-anak sekolah minggu menyambut rombongan prosesi dengan memberikan pengalungan bunga kepada Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbantobing, Sekretaris Jenderal Pdt David Sibuea MTh DMin, Kadep Koinonia Pdt Dr Martongo Sitinjak, Kadep Marturia Pdt Dr Anna Vera Pangaribuan, Kadep Diakonia Pdt Debora Sinaga MTh, Praeses HKBP Distrik IV Tobasa Pdt Tumpak Siahaan STh,Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian dan Wakil Bupati Tobasa Ir Hulman Sitorus. Pemberian bunga pangku kepada Ompuboru M Siahaan dan istri/suami pimpinan HKBP, dan istri Pdt Tumpak Siahaan.

Suasana sukacita ini dilengkapi dengan foto bersama anak-anak sekolah minggu dengan rombongan prosesi. Turut hadir juga para pelayan yang melayani di Distrik IV Tobasa. Kegiatan penahbisan yang diketuai oleh Pdt Gumontang Pasaribu MTh ini berjalan dengan baik dan penuh ucapan syukur.

HKBP Ressort Simaremare, yang memiliki 246 KK, dilayani oleh Pdt Lasni Roha Hutauruk STh dan 9 sintua. (Biro Informasi / ARTH – DM |Foto: Septian Napitupulu)









comments

Leave a Reply

Pustaka Digital