"Ai Ahu do donganmu,” ninna Jahowa, “laho paluahon ho; ai sun siap do bahenonHu saluhut bangso parbegu haambolonganmu na Hubahen i na sai laon, alai anggo ho ndang siap bahenonHu; ingkon pinsangonHu do ho nian hombar tu uhum, jala ndang tarbahen so toruanHu ho.

Sebab Aku menyertai engkau, demikianlah firman TUHAN, untuk menyelamatkan engkau: segala bangsa yang ke antaranya engkau Kuserahkan akan Kuhabiskan, tetapi engkau ini tidak akan Kuhabiskan. Aku akan menghajar engkau menurut hukum, tetapi Aku sama sekali tidak memandang engkau tak bersalah."

Jeremia 30:11

Ephorus : Gerak Bersama adalah Kunci Transformasi


HKBP.or.id – (Kamis, 17 Juni 2021 | 14.30 – 15.15)Hadir virtual dalam Pembinaaan Kepala Bidang se-HKBP, Ephorus didaulat menjadi Keynote Speaker.  Awali sajiannya, Ephorus menyebutkan bahwa transformasi adalah ciri gereja. Transformasi itu diawali oleh Gerakan Yesus. Dalam pergerakannya, Yesus bersama para rasul mentransformasi nilai-nilai yang ada dalam kehidupan masyarakat ketika itu. Hebatnya, gerakan transformatif tersebut terus dianut, dipragmatiskan bahkan diteruskan oleh pengikut-Nya sampai saat ini.

Melanjutkan sajiannya, Ephorus menyampaikan self-critism terhadap HKBP.

“Transformasi HKBP selama ini jalannya sendiri-sendiri. Pertumbuhan iman dan gerakan komunal, misional, dan diakonal HKBP menjadi mandek. Trust warga jemaat dan stakeholders juga semakin tergerus, tuturnya.”


Dalam sajiannya, Ephorus sampaikan kunci transformasi kepada seluruh Kepala Bidang, yang hadir onsite selama dua hari di Seminarium Sipoholon. Kuncinya adalah sinergitas atau Gerakan Bersama.

“Para pimpinan level tengah, dalam hal ini para Praeses yang di dampingi para kepala bidang harus hadir sebagai perancang dan pemimpin perubahan di distrik masing-masing, mengacu kepada renstra yang sudah ditetapkan oleh pusat,” tegasnya.

Akhiri sajiannya, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar menyampaikan apresiasi kepada ketiga Kepala Departeman, Pdt. Dr Deonal Sinaga (Koinonia), Pdt. Kardi Simanjuntak, S.Th, M.Min (Marturia), dan Pdt. Debora Sinaga, M.Th (Diakonia). Apresiasi itu diberikan atas bersepakatnya mereka melaksanakan pembinaan ini di hari dan di tempat yang bersamaan. (SKE_JFS)


Pustaka Digital