Ephorus HKBP Ajak Masyarakat Mendukung Petisi Tolak Andendum Andal PT Dairi Prima Mineral


Komunitas Masyarakat Dairi bersama  lembaga BAKUMSU, JATAMNAS, YDPK, PETRASA, dan IDI membuat petisi  bermuatan untuk mendesak KLHK atau pemerintah  menolak andendum Andal PT. Dairi Prima Mineral (DPM). 

Tiga usulan  diajukan dalam andemdum itu, yaitu perubahan izin lingkungan mengenai perubahan lokasi bahan peledak, mengubah lokasi Tailing Storage Facility (TSF) dan penambahan lokasi mulut tambang (portal). 
Dari ketiga usulan ini,yang paling membahayakan kehidupan masyarakat adalah pemindahan lokasi TSF, kira-kira 2 km dari pemukiman warga Dusun Sopokomil.

Petisi mengenai desakan kepada KLHK  ini juga dimuat  di situs www.change.org (http://chng.it/YbRnZd9X). Setelah membacanya (25/3), Ephorus HKBP, sosok yang sangat peduli terhadap pelestarian alam, mengajak seluruh lapisan masyarakat mendukung petisi untuk menolak andemdum andal yang diajukan PT Dairi Prima Mineral.

Sebelumnya,  Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar dalam ceramahnya pada Konferensi Perempuan HKBP (24/3) yang disiarkan langsung di Youtube Huria Kristen Batak Protestan (https://youtu.be/9FlH3J8PFGI)  menyerukan agar seluruh warga HKBP,  khususnya kaum perempuan turut melestarikan alam dan merawat bumi. Kesempatan itu juga dimanfaatkan Ephorus membagikan informasi kepada peserta konferensi, "Bahwa ada para Diakones di Parongil, Dairi, Sumatera Utara  yang berjuang, mempelajari, menganalisa dampak negatif yang akan muncul di sana, akibat Perusahaan Tambang yang luar biasa besarnya. Menurut analisa, daerah itu rentan kepada gempa. Jika gempa terjadi, daerah di sekitar tambang akan tenggelam. Para diakones berjejaring bukan hanya di Sumut, tapi juga berjejaring dengan para ahli di luar negeri untuk mendapat informasi yang pasti tentang dampak-dampak itu."

Informasi yang dibagikan Ephorus tersebut berkaitan dengan PT. Dairi Prima Mineral yang mengajukan andendum andal kepada KLHK. Pemberitahuan tentang  gerakan yang dilakukan para diakones merupakan  ajakan kepada  masyarakat luas dan dukungan kepada petisi yang dibuat Komunitas Masyarakat Dairi dan lembaga-lembaga lainya. (B.TIK_FS)

comments