EPHORUS HKBP BIMBING 97 ORANG CALON PELAYAN LPP II

Ephorus Paparkan Pemahaman Teologi Ordinasi

 

Hari ini, Selasa (7/5/2019), Pimpinan HKBP Ompu i Ephorus Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing memberikan bimbingan kepada Calon Pelayan Latihan Praktek Pelayanan (LPP) II bertempat di Auditorium HKBP, Sipoholon, Tapanuli Utara. Calon Pelayan sebanyak 97 orang ini dibimbing untuk memasuki masa LPP II yang dikoordinir oleh Biro Personalia HKBP dan Biro Pembinaan HKBP. Sejak Seminggu lalu tepatnya Tanggal 29 April 2019, pembinaan ini telah berlangsung yang diikuti 71 orang Calon Pendeta, 3 orang Calon Guru Huria, 18 Orang Calon Diakones, dan 5 Orang Calon Bibelvrouw. Turut hadir, Kepala Staff Kantor Pdt. Robert Hutapea, Kepala Biro Perencanaan Pdt. Sobok Simanjuntak, Kabag Personalia Pdt. Tommy Tampubolon, Kabag Pembinaan Pdt. Hendrik Simanjuntak, dan beberapa staff lainnya.

Sebagaimana jadwal yang telah ditentukan, Ompu i Ephorus HKBP memberikan bimbingan tentang pengenalan tugas tahbisan menurut Dokumen Teologi HKBP. Lebih rinci, Ompu i Ephorus menjelaskan tugas tahbisan diawali dengan teologi ordinasi yang bersumber dari Buku “Teologi Ordinasi” (Terbitan tahun 2015) Editor: Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing dan Pdt. Bonar Lumbantobing, mengingat 130 tahun tahbisan kependetaan HKBP.

 

Dalam sesi pembinaan ini, Ompu i Ephorus membongkar teologi ordinasi yang menjadi cikal bakal memahami tugas tahbisan di Huria Kristen Batak Protestan. Berdasarkan dari ayat – ayat Alkitab dan uraian teologis, Ompu i Ephorus mengajak para calon pelayan benar – benar memahami bagian tugas yang sedang didalaminya di masa praktek pelayanan ini. Penjelasan sekaligus evaluasi, Ompu i Ephorus juga melontarkan beberapa pertanyaan, ketika tidak mampu dijawab oleh Calon Pelayan, maka itu menjadi tugas untuk mencari tahu dan memahami dasar teologinya.

Semakin banyak jemaat, tentunya tidak mungkin lagi hanya mereka yang melakukan pelayanan pemberitaan Firman dan pekerjaan Diakonia, sehingga perlu penambahan pelayan. Semakin banyak anggota jemaat, semakin banyak tugas pelayanan, tetapi juga harus semakin banyak yang terpanggil jadi pelayan. Berarti pada zaman rasul, sudah disadari dan sudah ada kesadaran dan perencanaan, bukan hanya menambah jumlah pelayan, tetapi juga menambah pelayan lain, ada yang berkhotbah, ada yang mengajar, dan bidang lainnya, dan itu bisa kita temukan dalam 1 Korintus 12: 28. Tegas dikatakan, Tuhanlah yang mengangkat kita semua. Di gereja kita HKBP tentu tidak sama dengan gereja lain, misalnya di GKPS, ada pelayan yang disebut dengan samas. Di GBKP, ada yang disebut dengan diaken, di kita ada yang disebut dengan Bibelvrouw, yang tidak semua gereja memilikinya, kata Ompu i Ephorus. Hingga berita ini diterbitkan, kegiatan masih berlangsung. (APS)

comments

  • atodutitiza

    http://mewkid.net/buy-amoxicillin/ - Amoxicillin <a href="http://mewkid.net/buy-amoxicillin/">Amoxicillin 500 Mg</a> cgf.tyfd.hkbp.or.id.aad.vp http://mewkid.net/buy-amoxicillin/

  • ehapuya

    http://mewkid.net/buy-amoxicillin/ - 18 <a href="http://mewkid.net/buy-amoxicillin/">Amoxicillin 500 Mg</a> wiw.pigi.hkbp.or.id.xfz.bo http://mewkid.net/buy-amoxicillin/

Leave a Reply