"Dung i ninna Jahowa ma tu ibana: “Dame ma di ho! Unang ho mabiar, ndang mate ho ala ni i. Dung i dipauli si Gideon ma disi langgatan sada di Jahowa, jala dibahen goarna: Jahowa haroroan ni hatuaon”. Rasirasa sadarion sai disi dope i di Opra, pinompar ni Abieser nampunasa.

Tetapi berfirmanlah TUHAN kepadanya: “Selamatlah engkau! Jangan takut, engkau tidak akan mati.” Lalu Gideon mendirikan mezbah disana bagi TUHAN dan menamainya: TUHAN itu keselamatan. Mezbah itu masih ada sampai sekarang di Ofra, kota orang Abiezer."

Panguhum 6: 23-24

EPHORUS HKBP HADIRI KONVEN DISTRIK XX KEPRI

[caption id="attachment_10443" align="alignnone" width="720"] Tampak pada gambar, Ephorus Pdt Darwin Lumbantobing bersama dengan Praeses Pdt Kardi Simanjuntak[/caption]

Hari ini (11/3/2019) Pimpinan HKBP Ompu i Ephorus Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing menghadiri Konven Distrik XX Kepri bertempat di gereja HKBP Batam Center. Kunjungan Ephorus HKBP ke acara tersebut, sehubungan dengan beberapa kegiatan kunjungan pastoral diantaranya Kunjungan Pastoral ke HKBP Tiban Lama, Kunjungan Pastoral ke HKBP Eben Ezer Pasir Indah, dan Pelayanan Peletakan Batu Alas Gereja serta mentahbiskan HKBP Sion. Setibanya di kompleks gereja, Ompu i Ephorus bersama rombongan disambut Praeses bersama beberapa pelayan.

Walaupun sejak awal kunjungan ke Konven ini belum terjadwal, namun dikarenakan sekaligus hendak kembali melanjutkan pelayanan berikutnya hari ini, Ompu i Ephorus bersama rombongan memberikan waktu untuk menghadiri konven distrik sekaligus beramah tamah dan memberikan pembekalan kepada seluruh pelayan penuh waktu yang hadir ke acara konven tersebut. Ompu i Ephorus bersama Ompu Boru didampingi Kepala Biro Jemaat Pdt. Ebsan Hutabarat, M.Th, Wakil Kepala Biro Jemaat Pdt. Daslan Rajagukguk, S.Th, dan Kepala Staff Kantor Ephorus Pdt. Robert Hutapea, S.Th.

Diawali dengan ibadah yang dilayani oleh Pdt. Marjuang Sitindaon, S.Th sebagai liturgist dan Pdt. Pantas Manalu, S.Th sebagai pengkhotbah yang menjelaskan Firman 1 Raja – raja 8: 61a, “Dan hendaklah kamu berpaut kepada Tuhan Allah kita, dengan sepenuh hatimu dan dengan hidup  menurut segala ketetapanNya dan dengan tetap mengikuti segala perintahNya seperti hari ini”. Pengkhotbah menjelaskan, setelah Allah memberikan kesempatan kepada Salomo membangun Bait Suci walaupun sebenarnya ada sebelumnya juga Raja Daud yang secara kemampuan pasti bisa, tetapi Tuhan berkehendak lain harus kepada anaknya yaitu masa Salomo lah berdiri Bait Suci. Hendaknya setiap manusia apalagi Kristen, supaya percaya dan memiliki iman yang teguh kepada Tuhan. Tuhan berkehendak agar bangsa itu menjadi bangsa teladan bagi bangsa lainnya, Bait Suci menjadi cerminan kehidupan bangsa Allah tersebut. Hendak setiap orang taat akan Hukum Tuhan sebagaimana hari ini, kata pengkhotbah.

Lalu pengkhotbah juga mengangkat khotbah Ephorus HKBP ketika MBO HKBP Sion, bagaimana pentingnya Bait Suci, bagaimana pentingnya jemaat yang datang ke Gereja, dan bagaimana pentingnya orang Percaya kepada Tuhan. Ini juga menjelaskan bagaimana kita hendaknya hidup di dalam FirmanNya. Demikian para pelayan juga menerima mandat penting sesuai Firman, agar kita menjadi hidup yang berdampak bagi orang banyak sesuai yang dikehendaki Firman. Aku gereja, kau pun gereja, kita sama – sama gereja, kita menjadi hidup yang diberkati Tuhan dan menjadi berkat bagi orang lain.

Dalam kesempatan ini juga, Praeses XX Kepri Pdt. Kardi Simanjuntak juga mengenalkan kompleks Batam Center yang sedang dalam proses pembenahan, (pergumulan seringnya kalau hujan maka kompleks akan banjir). Usai ibadah dilanjut dengan sermon jamita Ep – Ev, kemudian pembekalan kepada pelayan penuh waktu dari Ephorus HKBP bertempat di gereja dan pembekalan keluarga pelayan dari Ompu Boru bertempat di Lantai 2. Tampak hadir, Para Pelayan Penuh Waktu Distrik XX Kepri, Punguan Koor HKBP Batam Center, dan keluarga pelayan.

Usai konven ini, Ompu i Ephorus HKBP akan melanjutkan pelayanan berikut dalam rangka MoU dengan Bank BRI yang akan didampingi oleh Sekretaris Jenderal HKBP Pdt. David F. Sibuea, M.Th, D.Min bersama beberapa staff. Sementara Kepala Biro Jemaat, Wakabiro Jemaat, dan Kepala Staff Kantor,akan kembali ke kantor pusat menjalan tugas sebagaimana biasanya. Hingga berita ini diterbitkan, acara masih berlangsung. (APS)

 

 

comments

Leave a Reply

Pustaka Digital