Ephorus HKBP: "I am Back" Aku Kembali Mendukung Kehidupan


Minggu Invocavit  (21/2/21) Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar mengadakan kunjungan pastoral, sekaligus menyampaikan Firman Tuhan dalam kebaktian Minggu 10.00 WIB di HKBP Peanajagar, ressort Peanajagar, Distik II Silindung, Sumatera Utara.

Berefleksi dari Firman Tuhan yang tertulis dalam Kejadian 9: 8-17, di mana Allah berjanji kekal kepada Nuh dan keturunannya, bahwa sejak saat itu tidak ada yang hidup akan dilenyapkan oleh air bah lagi, dan tidak akan ada lagi air bah untuk memusnahkan bumi. Maka, Ephorus HKBP mengajak seluruh jemaat Peanajagar untuk prokehidupan, sebagaimana TUHAN Allah yang prokehidupan.


Dalam pembukaan khotbahnya, Ephorus HKBP menginformasikan bahwa Joe Biden, Presiden Amerika Serikat ke-46, yang hadir secara virtual dalam Konfrensi Keamanan di Munich, Jerman, menyerukan "America is Back". Amerika kembali hadir untuk semua dan berusaha bersama-sama seluruh negara dan penduduk dunia untuk menjaga dunia dan kelestariannya berdasarkan Protokol Kyoto, yang sempat diabaikan beberapa saat.

 

Oleh karena itu, Ephorus HKBP mengajak jemaat Peanajagar untuk memproklamirkan, "I am back".

Suami mengatakan kepada istri, "Sayang, aku kembali. Aku kembali ke rumah, tidak lagi berlama-lama di lapo, untuk memastikan kehidupan rumah tangga kita ini"

"Aku kembali, untuk menjaga kesehatanku demi kalian semua, dengan tidak lagi merokok. Kalau pun masih, akan kukurangi, dan tidak akan merokok di rumah"

 

Istri mengatakan kepada suaminya, "Sayang, aku kembali. Aku kembali fokus mengurus rumah, untuk memastikan rumah tangga ini menjadi sumber kehidupan, dengan memasak masakan yang sehat; dan juga mangorui nengnengki (mengurangi kecerewetanku).

Anak-anak juga mengatakan kepada orangtuanya, "Aku kembali. Aku kembali untuk belajar serajin mungkin, demi cita-cita di masa depan, untuk mengupayakan kehidupan yang lebih baik."

Juga, mengajak jemaat HKBP Peanajagar untuk menjaga kesehatan, kebersihan rumah dan parit. Juga para peternak ikan, untuk memastikan pakan ikan yang diberikan adalah pakan yang sehat dan prolingkungan.

 Setelah kebaktian Minggu selesai, dilanjutkan dengan bimbingan pastoral.

Dalam amatan Ephorus HKBP, gereja HKBP itu besar di tingkat lokal, tapi kecil di tingkat pusat.

Saat ini sedang digagas dan dikonsep agar HKBP secara konstitusi berdaya untuk menolong gereja-gereja lokal yang sedang bertumbuh dan membangun; juga agar mampu menopang secara finansial semua lembaga pendidikan agar membintang dan berakreditasi A; dengan gerakan "aek santetek (air setetes) berbasis teknologi." Sehingga visi HKBP menjadi berkat bagi dunia, bisa segera terwujud.

Liturgis dalam kebaktian Minggu ini ialah Pdt. Frendi Lumbantobing, M.Div (Pendeta HKBP Ressort Peanajagar). Sedangkan pembacaan warta dilakukan oleh Biv. Mayer T.M. Siahaan, S.Pd. (SKE-JFS)


comments