Ephorus HKBP Lantik Pdt Dr Hulman Sinaga Menjadi Ketua STT HKBP


“Bekerja Bukan Untuk Mencari Pujian dari Manusia, Tetapi Untuk Kemuliaan Kristus”. Demikianlah Tema pada acara Pelantikan Ketua STT HKBP Pematangsiantar periode 2019-2023 Rabu (6/10) bertempat di HKBP Siantar Kota. Dengan Subtema: STT HKBP Pematangsiantar melakukan tugas Tri Darma Perguruan Tinggi dengan Jujur, Transparan, Tulus, Rendah Hati dan Bertanggungjawab, Bukan Untuk Kemuliaan Diri Sendiri. Ibadah acara pelantikan ini dilayani oleh Pdt David Farel Sibuea MTh DMin sebagai Pengkotbah, Liturgis oleh Pdt Juniester Hutauruk STh sebagai Liturgis dan Pdt Robert Pandiangan MTh sebagai pedoa syafaat.


Dalam kotbahnya yang diambil dari 1 Tesalonika 2:6, Pdt David Farel Sibuea MTh DMin menyampaikan bahwa dalam perkembangam teknologi, semua defenisi begitu gampang diakses dari Google. Tetapi, keteladanan hidup yang kredibilitas dan kompetensi dapat terlihat dari kehidupan sehari-hari. Itulah yang disampaikan Rasul Paulus, bahwa semuanya yang kita lakukan untuk kemuliaan Tuhan dapat terwujud dalam kompotensinya dan kredibilitasnya dan integritasnya. Menghargai dan dihargai itu merupakan hal yang biasa, tapi kalau kita mau menghormati orang yang biasa-biasa itulah yang luarbiasa. Rasul Paulus sudah teruji dalam pelayanannya walaupun dia tidak dihormati, tidak dihargai tapi dia melakukannya untuk kemuliaan Allah. Rasul Paulus bersukacita karena jemaat Korintus masih setia dalam imannya dan dia mengajak jemaat agar menjaga kesalehan dan kesucian imannya. Lebih lanjut dikatakan, Ketua STT bukan untuk sekelompok pendukungnya tapi untuk semua dan untuk kepentingan STT HKBP. Oleh sebab itu, Ketua STT HKBP selayaknya menunjukkan kasih sayangnya kepada semua dosen yang memiliki kompetensi, kredibilitas dan integritas dan seluruh mahasiswa tanpa memandang bulu bukan untuk dirinya tetapi untuk kemuliaan Tuhan.


Sesuai dengan Rapat Pimpinan HKBP pada 30 Oktober 2019 dan SK Pengangkatan Ketua STT Periode 2019-2023 No. 488/PDT/TSK/10/2019 menetapkan Pdt Dr Hulman Sinaga menjadi Ketua STT HKBP dengan mempertimbangkan usul dari Rapat Senat Dosen STT HKBP tanggal 18 Oktober. Dalam acara Pelantikan yang dipimpin oleh Ephorus, Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbantobing menyampaikan Surat Keputusan, tugas-tugas dan Ketua STT HKBP bertanggungjawab kepada Ephorus HKBP. Ketua STT HKBP terpilih menyatakan kesediaannya dan menyanggupi SK, tugas-tugas dan tanggungjawabnya dihadapan 25 dosen dan seluruh hadirin yang hadir pada acara pelantikan tersebut. Atas kebersediaan Ketua STT terpilih, Ephorus melantik Ketua STT HKBP yang baru Pdt Dr Hulman Sinaga.


Prof Dr Jhon Piter Sinaga MKes, Kopertis wilayah I Sumut mengucapkan selamat kepada Ketua STT HKBP yng baru. menyampaikan rasa sukacitanya karena kampus STT HKBP. Beliau juga berseloro dengan mengatakan: "tadi disebutkan bahwa Ketua Panitia Boru Sinaga, yang dilantik marga Sinaga dan saya juga marga Sinaga, dan mudah-mudahan semua fungsionarisnya nanti bukan dari marga Sinaga". Prof Dr Jhon Piter Sinaga MKes juga merasa bangga dengan kampus STT HKBP yang bebas dari Radikalisme. Beliau menghimbau perlu adanya diklat-diklat pembinaan rohani di kampus-kampus. Diakhir kata, beliau mengutip dari Pengkotbah 11:1 sembari mengucapkan selamat kepada Ketua STT HKBP yang baru.


Pdt Dr Petrus Sugito mewakili UEM Asia mengucapkan selamat atas pelantikan ketua STT HKBP periode 2019-2023. “Kami berharap untuk empat tahun kedepan STT HKBP masih terus membuka pintu antara STT HKBP dan UEM. Kami mencoba membuka kemitraan antara mahasiswa teologia dan kita sering mengadakan pertukaran dosen tamu untuk pencapaian akreditasi. UEM juga memberikan kerjasama melalui studi lanjut”. Di akhir kata, Pdt Petrus Sugito mengucapkan selamat kepada Ketua STT yang baru terutama dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0.


Pdt Dr Victor Tinambunan MST selaku Ketua STT HKBP periode 2015-2019 dalam mangampu menyampaikan tiga hal, pengucapan syukur dan terimakasih, permohonan pengampunan dan maaf dan ucapan selamat. Dengan mengucap syukur kepada Tuhan dari hati yang paling dalam, Pdt Dr Victor Tinambunan MST ini menyampaikan terimakasih yang tulus kepada Pimpinan HKBP Ompui Ephorus, Sekretaris Jenderal, Kepala Departemen, Praeses, para fungsionararis yang lama, para dosen, staf/pegwai STT HKBP, donateur, Pemerintah Kota Pematangsiantar dan UEM, Gereja Korea atas bantuan, sokongan dan doa. "Saya dan rekan sekerja mengucapkan: kami tidak mencapai sesuatu dari diri kami sendiri, tetapi seberapapun yang Tuhan capai melalui pelayanan kami itulah yang bisa kami persembahkan untuk memperbaiki kampus dan mempersiapkan hamba-hamba Tuhan." lanjutnya; "saya juga memohon pengampunan kepada Tuhan dan meminta maaf sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu semua yang tidak bisa saya sebut satupersatu atas keterbatasan, atas kelemahan atas kesalahan yang saya sengaja ataupun tidak disengaja. Biarlah melalui pelantikan Ketua baru kita memulai sesuatu yang baru dalam pertolongan Tuhan". Diakhir kata, Pdt Dr Victor Tinambunan mengucapkan selamat kepada sahabat lamanya Pdt Dr Hulman Sinaga sebagai Ketua STT HKBP yang baru. "Saya mengucapkan selamat menekuni tugas yang baru ini. Kita berdoa kiranya Bapak Pdt Dr Hulman Sinaga dan fungsionaris yang akan dibentuk akan diperlengkapi oleh Tuhan untuk mengemban tugas yang mulia ini".


Pdt. Dr. Hulman Sinaga selaku Ketua STT HKBP yang baru dalam mangampu menyampaikan terimakasih kepada pimpinan HKBP yang telah menetapkan hasil rapat senat dosen STT HKBP yang memilinya menjadi ketua STT HKBP yang baru. Beliau juga mengucapkan terimakasihnya kepada Ketua STT yang lama Pdt Dr Victor Tinambunan MST yang sudah memimpin STT HKBP selama empat tahun ini. "Semoga semua dedikasi yang sudah Bapak berikan kepada STT HKBP selama empat tahun ini dapat diteruskan dan ditingkatkan". Pdt. Dr. Hulman Sinaga juga menyampaiakn bahwa STT HKBP dalam satu periode kedepan memiliki beban berat dan biaya yang besar untuk mencapai standar maupun undang-undang dan peraturan pemerintah, antara lain akreditasi institusi dan akreditasi program studi khususnya pasca sarjana. Dalam rangka memenuhi keubuthan tersebut Pdt. Dr. Hulman Sinaga memohon kepada pimpinan HKBP agar kedepan memperbaiki struktur yayasan, karena peran tugas yayasan sangat menentukan masa depan STT HKBP di masa mendatang. Beberapa syarat yang harus di benahi STT HKBP berkaitan dengan statuta kurikulum sistem penjaminan mutu internal, audit mutu internal, sebagai basis pelaksanaan perguruan tinggi. "Kami memohon kepada ompui Ephorus agar senantiasa berkenan memberikan arahan kepada kami demi mewujudkan cita-cita dan harapan STT HKBP".


Pdt. Dr. Hulman Sinaga juga menyampaikan bahwa Era revolusi industri 4.0 menuntut para dosen untuk berbenah menerapkan pengajaran berbasis IT. Pdt. Dr. Hulman Sinaga menyebutkan bahwa Sistem informasi akademik online yang sudah dan sedang dilaksanakan selama dua semester terakhir harus difungsikan secara optimal. Penggalian ilmu pengetahuan melalui jaringan internetisasi juga harus tingkatkan. Ruang kuliah, laboratorium, dan perpustkaan dalam periode ke depan dapat dibenahi, sehingga STT HKBP dapat menerapkan peran utamanya dalam pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. "Target kita bukan hanya memiliki IP yang tinggi secara teori, tetapi juga kualitas spirirtual yang memenuhi kebutuhan gereja dan masyarakat".


Pdt. Dr. Hulman Sinaga juga meminta saran dan kritik yang membangun dan memohon apabila ada masukan dan kritikan janganlah membuatnya di media sosial. "Kami sadar bahwa membangun STT HKBP tidaklah mudah, sehingga bantulah kami di dalam doa. Dukung dan bantulah kami mewujudkan mimpi yang besar dari STT HKBP, sebab kami ada bukan untuk diri kami sendiri, kami bekerja di kampus ini bukan untuk mecari kemegahan bagi diri kami sendiri, kami STT HKBP, para dosen, staf pegawai, dan para mahasiswa ada di sini di kampus STT HKBP untuk dan demi kemuliaan nama Kristus". Pdt. Dr. Hulman Sinaga juga menegaskan bahwa dirinya hanya satu periode sebagai Ketua STT HKBP.


Dalam bimbingan dan arahannya, Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbantobing menyampaikan terimakasih kepada semua undangan terlebih kepada pemerintah, dan semua yang sudah membantu dan mendukung kemajuan STT HKBP. "Saya sebagai pribadi dan sebgai Pimpinan HKBP menyampaikan terimakasih kepada Pdt Dr Victor Tinambunan MST yang sudah memimpin STT HKBP pada periode yang lalu. Capaian keberhasilan akan kita nikmati dan syukuri bersama, dan itu merupakan suatu goresan catatan pribadi yang menjadi catatan kepemimpan Pdt Dr Victor Tinambunan. "Harapan yang baru saya sampaikan kepada Pdt. Dr. Hulman Sinaga yang sudah diberi kesempatan untuk memimpin STT HKBP, harapan-harapannya untuk meningkatkan STT HKBP yang kita cintai ini. Saya melihat dan mencoba-coba berpikir, bahwa kami bertiga yang pernah menjadi Ketua STT HKBP dipanggil dari desa-desa. Artinya bahwa pimpinan-pimpinan STT HKBP adalah dari kampung-kampung. Namun demikian, kami bertiga merupakan tamatan luar negeri, dan itu menjadi dorongan bagi kita semua", ungkap Ephorus. Ephorus juga menyampaikan kepada Pdt Dr Petrus Sugito selaku perwakilan UEM Asia bahwa pada masak kepemimpinan menjadi ketua STT HKBP sudah ada program pertukaran mahasiswa antara STT HKBP dengan Universitas Teologi Munster Jerman, dengan kerjasama melalui UEM. Seharusnya sekarang ini menjadi giliran STT HKBP untuk pertukaran mahasiswa ke Jerman. Ephorus berharap agar ini bisa difasilitasi kembali oleh UEM. Ephorus juga berharap agar program Studi S3 dibuka kembali dan Ephorus berharap kepada ibu Pdt Dr Asnath Nathar untuk membantu pelayanan Pdt Dr Hulman Sinaga. "Kami mengetahui bahwa ibu merupakan asset penting di Universitas Kristen Duta Wacana, sehingga kami juga berharap ibu juga bisa membantu hubungan kerjasama yang baik antara STT HKBP dengan UKDW dan juga kerja sama antar gereja kita baik dalam akreditasi dan dosen tamu".


Turut memberi sambutan Ketua Panitia Pdt Dr Dewi Sri Sinaga, Wakil Walikota Pematangsiantar Togar Sitorus SE MM, Mewakili Kabupaten Simalungun, Mewakili Majelis HKBP Siantar Kota Pdt Klaus Siregar STh MM, Mewakili Lembaga HKBP Prof. Dr. Sanggam Siahaan, Mewakili Gereja Tetangga Sekjen GKPI Pdt Ro Sininta Hutabarat MTh. Acara ditutup dengan doa oleh Pdt Saut Sirait MTh. Selamat kepada Pdt Dr Hulman Sinaga, Tuhan menguatkan dan memberi hikmat kebijaksanaan dalam memimpin STT HKBP masa bhakti 2019-2023.










comments

  • Jimmi

    Dear HKBP, Pimp. HKBP (dan elemen terkait) Mohon untuk diperhatikan konflik internal di lingkungan gereja HKBP dolok nauli resot dolok nauli desa sitampurung kec. Siborongborong Hal mengenai kesewenang wenangan pengurus gereja menggunakan RPP untuk kepuasan pengurus gereja. Mohon di tindak demi kenyamanan beribadah

Leave a Reply

Pustaka Digital