EPHORUS LANTIK PANITIA SINODE GODANG HKBP KE 65


Kamis (23/4), bertempat di pekarangan depan rumah dinas Ephorus, Ompui Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbantobing melantik Panitia Sinode Godang HKBP ke 65. Acara diawali dengan Ibadah yang dipimpin oleh Kepala Biro Ibadah Pdt David Silaban STh sebagai Pengkotbah/Liturgis dan doa syafaat oleh Kepala Biro Ama/Lansia Pdt Jahor Purba MTh. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 10.00 wib.


Ephorus dalam bimbingan dan arahannya menyampaikan bahwa akibat dampak Virus Corona, Pimpinan HKBP tidak pernah membuat surat ke jemaat atau kepada siapapun agar gereja ditutup atau jangan ada ibadah di gereja. Dalam surat Pastoral yang disampaikan kepada jemaat mengajak agar jemaat benar-benar menjaga kesehatan dan menjaga sosial distancing yang dianjurkan pemerintah. Ephorus menyampaikan bahwa: "Kepada semua pelayan partohonan, baik Pendeta, Guru Huria, Bibelvrouw, Diakones kami menyampaikan dalam surat pastoral tersebut agar tetap membuka gereja dan semua pelayan melayani jemaat yang datang ke gereja. Disamping itu, gereja tetap mengikuti anjuran pemerintah sesuai dengan prosedur kesehatan misalnya menjaga jarak, mencuci tangan sebelum masuk gereja dan apabila merasa kurang sehat sebaiknya tidak usah datang ke gereja. Demikian juga di Kantor Pusat, tidak ada anjuran atau dikatakan kantor ditutup atau libur. Aktivitas kantor tetap jalan walaupun dikerjakan di rumah. Pemerintah juga menganjurkan kepada kita agar jangan mudik untuk menghindari dan memutus mata rantai penyebaran Virus Corona.


Ephorus menyampaikan bahwa jadwal Sinode Godang ke 65 sudah pernah disampaikan pada rapat Praeses bulan Pebruari yang lalu di Balikpapan. Di jadwalkan pada tanggal 19-25 Oktober 2020 yang akan datang yang diikuti sekitar 1.500 peserta dan tamu. Ephorus juga menegaskan dalam pelaksanaan Sinode Godang ini jauh-jauh hari akan berkoordinasi dengan pihak Pemerintah dan pihak terkait apakah kegiatan Sinode Godang dapat dilaksanakan atau tidak akibat dampak dari Virus Corona.


Sinode Godang Ke 65 akan mengambil Tema: “Huhalupahon na dipudingku, angka na di jolo i hueahi” (Aku melupakan apa yang telah dibelakangku dan mengarahkan diri kepada yang dihadapanku) Pilippi 3:13-14. Subtema: Ai denggan do di Roha ni Tondi Porbadia nang di roha nami manguduti panghobasion on tu tingki nanaeng ro (Ulaon 15:28). Ini merupakan keputusan surat edaran rapat di Jerusalem yang mengatakan: “Sebab Roh Kudus dan kami sepakat melanjutkan pelayanan ini ke masa depan”.

Dalam pelantikan ini Ephorus menyampaikan terimakasih kepada Panitia yang sudah dilantik terutama yang bisa hadir seperti Pdt Dr Hulman Sinaga dari STT HKBP Pematangsiantar. "Mari kita berdoa semoga Virus Corona ini cepat berakhir dan Tuhan kiranya memberi kekuatan dan kesehatan kepada Panitia dan selamat menjalankan tugas", demikan disampaikan Ephorus diakhir bimbingannya.


Ketua Umum Panitia Sinode Godang ke 65 Pdt David Farel Sibuea MTh DMin dalam sambutannya menyampaikan bahwa pertemuan ini adalah rapat perdana. Ada beberapa pokok penting yang disampaikan Ketua Umum antara lain 1. Agar urain tugas kepanitiaan sementara mengacu kepada uraian tugas kepanitiaan Sinode Godang yang sudah ada sebelumnya untuk disepakati kemudian. 2. Buku Panduan Sinode Godang yang sudah pernah ada menjadi pedoman sementara untuk dipelajari setiap BPH dan Seksi. 3. Semua Koordinator agar dalam waktu seminggu ini membicarakan pokok-pokok tugas yang akan dikerjakan di Sinode Godang kepada anggotanya. 4. Usul-usul setiap seksi agar dikirim ke Sekum dan kemudian disatukan dan akan dibicarakan oleh BPH dan Koordinator Seksi. 5. Setelah semua terkumpul akan dibukukan dan akan dirapatkan kembali antara BPH dan Koordinator Seksi. 6. Karena ini adalah Sinode Godang periode, Ketua Umum mengajak agar semua panitia bekerja dengan setulus hati tanpa melihat kepentingan-kepentingan sekelompok atau pribadi tetapi tetap melaksanakan  kepanitiaan direlnya. 

Adapun BPH Panitia Sinode Godang ke 65 Adalah: Ketua Umum: Pdt David Farel Sibuea MTh DMin, Ketua I: Pdt Sarman Naibaho STH MM, Ketua II: Pdt Horas Purba MTh, Ketua III: Pdt Dr Hulman Sinaga, Sekretaris Umum: Pdt Ebsan Hutabarat MTh, Sekretaris I: Pdt Dr Benny Sinaga, Sekretaris II: Pdt Tommy Tampubolon STh, Sekretaris III: Pdt Lelim Limbong MTh, Bendahara: Pdt Adventus Lumbantobing STh, Wakil Bendahara: Pdt Sondang Napitupulu MTh.

comments

  • Helmud Simanjuntak

    Semoga Sinode tahun ini dapat berlangsung sesuai jadwal, murni sebagaimana misi pengutusan Tuhan Yesus, bebas dari kepentingan sesaat, manghasilkan keputusan yang diujungnya berbuah untuk peningkatan pelayanan dan menjangkau seluruh jemaat HKBP dimanapun berada. Tuhan memberkati

Leave a Reply