"Ia parholong ni roha, ndang diulahon na jahat tu angka dongan;

Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia"

Rom 13:10a

Ephorus Melantik Panitia Rapat Pendeta HKBP 2019

Rapat Pendeta HKBP akan Berlangsung pada 21 – 25 Oktober 2019



Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbantobing telah melantik panitia Rapat Pendeta HKBP 2019 pada Kamis (16/5/2019) di Gedung Raja Pontas Lumbantobing, Kompleks Kantor Pusat HKBP, Pearaja, Tarutung. Ephorus secara simbolik menjabat tangan Pdt David Farel Sibuea MTh DMin sebagai ketua umum yang bersama-sama berdiri dengan Pdt Herbin Purba MTh sebagai sekretaris umum dan panitia lainnya dengan sah diangkat menjadi panitia yang akan bekerja keras mempersiapkan Rapat Pendeta HKBP 2019.

Dalam arahan dan bimbingannya, Ephorus menyebut Rapat Pendeta HKBP 2019 ini sebagai ‘rapat pendeta antara’. Rapat Pendeta HKBP memiliki sejarah yang panjang dalam pelaksanaannya. Sebelum 2002, rapat ini pernah dilaksanakan di tengah periode kepemimpinan. Setelahnya, tidak lagi dilaksanakan sampai pada 2017 yang lalu.


Pada Sinode Godang 2016 ditetapkan, Ketua Rapat Pendeta (KRP) HKBP telah disahkan menjadi fulltimer yang memiliki struktur kelembagaannya sendiri dalam bagan organisasi HKBP. Namun, dalam keputusan rapat pendeta tidak dapat secara langsung dijalankan sebab KRP tidak dapat meratifikasi keputusan-keputusan tersebut menjadi suatu peraturan, baik yang baru maupun mengubah peraturan yang sudah ada sebelumnya. Dalam peraturan HKBP tetap harus disahkan melalui Sinode Godang HKBP.

Ephorus juga menyatakan, ada dua hal yang berkaitan dengan Rapat Pendeta HKBP. Pertama, menyangkut keberadaan kependetaan yang khusus dibahas sesama pendeta, misalnya pandangan teologi HKBP baik secara dogmatis maupun pragmatis, dan kesejahteraan pendeta. Kedua, yang memiliki kaitan dengan warga jemaat. Pandang teologis yang dibahas tentunya sangat perlu dilakukan berkala untuk merespons kebutuhan umat dan menghadapi tantangan zaman.


Seusai arahan dan bimbingan Ephorus, Ketua Umum Panitia Pdt David Sibuea membuka rapat perdana panitia. Ketua Rapat Pendeta HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar dengan persetujuan Pimpinan HKBP menyatakan Rapat Pendeta HKBP 2019 akan diadakan pada 21 – 25 Oktober. Karenanya, ia meminta kepada sekretaris umum panitia untuk menyebutkan dengan jelas berapa kali rapat-rapat persiapan, rapat gladi resik dan rapat penutupan untuk disepakati bersama.

Kegiatan pelantikan ini berlangsung diawali dengan ibadah yang dipimpin Kepala Biro Ibadah Pdt David Silaban STh. (Biro Informasi - DM)









comments

Leave a Reply