Ephorus Rayakan Peringatan Hari Kenaikan Tuhan Yesus Bersama Jemaat HKBP Sipirok

Kamis (30/5), Ompui Ephorus rayakan kenaikan Tuhan Yesus bersama jemaat HKBP Sipirok. Ibadah dimulai  pukul 10.00 wib dilayani oleh Pdt Kornel Sinaga STh MM (Pendeta HKBP Ressort Sipirok) sebagai Litrgis dan Ompui Ephorus sebagai Pengkotbah. Acara ibadah penuh dengan hikmad dan sukacita yang di iring dengan lagu pujian koor Ina HKBP Pargodungan, Koor Ina HKBP Somba Debata, koor Ina HKBP Lancat, koor Ina HKBP Somba Debata, koor Ama HKBP Muaratolang, koor Gabunga HKBP Sipirok.

Dalam kotbahnya yang diambil dari Pilippi 2:5-11, Ompui Ephorus menyampaikan sebagai pengikut Kristus, hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus. “Demikianlah pesan Firman Tuhan yang disampaikan kepada kita pada peringatan hari kenaikan Yesus Kristus”, kata Ompui Ephorus di awal kotbahnya. Hidup orang kristen harus seturut dengan perilaku Kristus Yesus. Bagaimana perilaku, perasaan dan pikiran Yesus Kristus? Yesus adalah Allah. Dalam Yohanes 1:1-4 dikatakan bahwa Firman itu adalah Allah dan di ayat 14  dikatakan bahwa Firman itu menjadi daging. Firman itu adalah diriNya, jika Tuhan berbicara diriNya yang berbicara, berbuat, bertindak. Kejadian 1:1 dikatakan pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi, diciptakan berdasarkan FirmanNya. Dia datang ke dunia ini melalui Maria dan Maria melahirkan Yesus. Kristus Menjadi manusia, Yesus bekerja dan Dia juga merasakan sakit, lapar, haus dan mati seperti manusia. Tetapi Dia Anak Allah dan Dia tidak berhenti di kematian. Sebagai Anak Allah, Dia bangkit dan naik ke sorga.

Kalau dikatakan seturut dengan hati, perasaan dan pikiran Yesus artinya Yesua tidak pernah mengingkari apa yang diperintahkan Tuhan kepadaNya, Dia rendah hati, setia dan mau melakukan apa tugas yang diberikan Tuhan kepadaNya. Demikianlah juga kita, sebagai orang percaya agar tetap percaya, setia dan sungguh-sungguh mempercayai Dia. Apapun yang terjadi di hidup kita ini baik duka dan suka, kita tetap percaya dan setia. Ada saat tertentu kita merasa bersedih, susah dan berduka. Tapi kita diajak untuk tetap setia sebagai orang kristen dimanapun kita berada, baik itu di desa baik di kota. Kesetiaan membuat kita bisa menerima berkat, dan karena kesetiaan itu kita menerima anugerah bukan hanya di dunia ini tapi juga tempat yang sudah disediakan Tuhan bagi kita. Apapun keadaan kita, baik kaya maupun miskin, berkat Tuhan yang paling besar adalah hati yang gembira. Bukan harta, bukan rumah, bukan tempat tidur tapi kesehatan. Iman kita kepada Tuhan melalui Kristus Yesus itulah yang kita hidupi dan kita akan menerima bagian (parjambar). Jangan ada dari antara kita yang hilang agar kita menerima bagian yang disediakan Tuhan. Amin. Demikian ringkasan kotbah Ompui Ephorus.

HKBP Sipirok merupakan sabungan Ressort dari 13 jemaat  yang ada di HKBP Ressort Sipirok. Berdasarkan statistik jemaat, HKBP Sipirok berjumlah 63 KK yang dilayani oleh Pdt Kornel Sinaga STh MM dibantu seorang Calon Pendeta bernama CPdt Felicia Dwi Ignatia Situmorang SSi. Kini, HKBP Sipirok dalam rencana merehab rumah dinas Pendeta Ressort yang sudah mulai dimakan usia dan saat ini masih membutuhkan dana untuk rehab tersebut. Mari kita dukung dan doakan agar rehab rumah dinas Pendeta Ressort dapat berjalan sesuai rencana.

Turut mendampingi Ompui Ephorus, Kabiro Informasi, Kabiro Perencanaan, Kepala Staff Kantor Ephorus, Wakabiro Informasi dan Sekhus Ephorus serta beberapa pegawai. Salam dari HKBP Sipirok.

 


























comments

Leave a Reply

Pustaka Digital