Ephorus Sambut Hangat Kedatangan Staf Arsip Nasional RI


Kantor Pusat HKBP kedatangan tamu dari lembaga Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada Selasa (23/4/2019). Didampingi oleh Kepala Biro Informasi Pdt Arthur Lumbantobing STh, Wakabiro Informasi Pdt Yudhi Simangunsong MTh dan Kepala Bagian SP Immanuel Pdt Daniel Manalu MSi, Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbantobing menyambut hangat kedatangan rombongan dan melanjutkan dialog di ruangan dinas ephorus.

Dalam keterangan Dra Yosephine Hutagalung MAP (Kasubdit Akuisisi III), kedatangan mereka untuk menjalin komunikasi dan ke depannya berharap adanya kerja sama supaya HKBP bersedia mengarsipkan dokumen dan benda bersejarah ke Gedung Arsip Nasional RI yang berpusat di Jakarta. Selain itu, mereka menginformasikan, sudah ada beberapa lembaga keagamaan di Indonesia yang menjalin kerja sama dengan ANRI.

Ephorus dalam penjelasannya menyatakan, dokumen dan benda-benda bersejarah terkait perjalanan pelayanan HKBP cukup banyak dikoleksi dengan rapi oleh badan misi Jerman yang pernah mengirimkan misionaris-misionarisnya ke tanah Batak. Saat ini HKBP sedang dalam pembangunan museum untuk inventarisasi dokumen dan benda-benda bersejarah. Dalam kunjungan Ephorus ke museum badan misi di Jerman, mereka sudah sepakat apabila HKBP telah memiliki museum akan dikirimkan dokumen bersejarah dalam bentuk duplikat.

Semua data-data mengenai pertumbuhan gereja pada masa-masa lalu tercatat dan tersimpan dengan rapi di badan misi Jerman. Siapa yang lahir, siapa yang pindah, siapa yang meninggal, semua lengkap tercatat. “Pada masa periode kepemimpinan sekarang, kita mencoba memikirkan ide yang menggagas berdirinya museum HKBP,” tutur Ephorus.

“Kami senang sekali menyambut kedatangan saudara-saudara yang nantinya dapat menjadi kerja sama kita dalam kearsipan,” tambah Ephorus.

Seusai pertemuan itu, Ephorus meminta Biro Informasi mendampingi rombongan ANRI meninjau ruangan arsip Kantor Pusat HKBP. Menjumpai staf ruangan arsip kantor pusat HKBP, rombongan ANRI disuguhkan beberapa dokumen-dokumen tua yang dijaga oleh HKBP dengan baik. Pertemuan ini diakhiri dengan makan siang bersama. Biro Informasi - DM




comments

Leave a Reply