"Di ari uju na jongjong ho di adopan ni Jahowa, Debatam, di Horeb, uju na nidok ni Jahowa tu ho; paluhut ma bangso i di Ahu, asa Ahu patubegehon tu nasida hatangKu, angka siparateatehononnasida, asa marhabiaran nasida mida Ahu saleleng mangolu nasida di tano on, asa diajarhon huhut tu angka anakhonnasida.

Yakni hari itu ketika engkau berdiri di hadapan Tuhan, Allahmu, di Horeb, waktu Tuhan berfirman kepadaku: suruhlah bangsa itu berkumpul kepada-Ku, maka Aku akan memberi mereka mendengar segala perkataan-Ku, sehingga mereka takut kepada-Ku selama mereka hidup di muka bumi dan mengajarkan demikian kepada anak-anak mereka."

5 Musa 4:10

Ephorus & Sekjen Semangati Pelayan & Warga di Syukuran Awal Tahun HKBP Distrik I Tabagsel-Sumbar

Ephorus dan Sekretaris Jenderal hadir menyemangati jemaat dan pelayan HKBP di syukuran awal tahun HKBP Distrik I Tabagsel-Sumbar yang diselenggarakan di HKBP Immanuel Resort Immanuel Padangsidimpuan. Penyemangatan disampaikan melalui khotbah dan bimbingan pastoral (10/1/2022).



Pelayan yang bertugas di ibadah syukuran adalah Sekretaris Jenderal, Pdt. Victor Tinambunan, MST sebagai pengkhotbah, Praeses HKBP Distrik I Tabagsel-Sumbar, Pdt. Ebsan Hutabarat, M.Th sebagai liturgis, dan Pdt. Elriadin Sitompul, S.Th sebagai pembawa doa syafaat.




Khotbah berdasarkan tema Tahun Kesehatian (Filipi 2: 2) yang disampaikan Pdt. Victor cukup bernas dan mengena bagi jemaat yang mendengarnya. Beliau menekankan kunci dan sumber sukacita, yakni terletak pada energi dari Tuhan sebagaimana dialami oleh Paulus. Pada jemaat Filipi ditekankan oleh Paulus agar sehati dan sepikir melakukan kehendak Allah. 

"Dua hal penghambat kesehatian dalam persekutuan umat percaya yaitu mengutamakan kepentingan diri sendiri dan mencari pujian yang sia-sia. Orang percaya yang berhasil meninggalkan kedua penghambat itu akan memanfaatkan segala sesuatu untuk kehidupan dan kemuliaan Tuhan," tegas Pdt. Victor. 

Pdt. Victor juga mengingatkan agar jemaat tidak tercurah pikiran dan hatinya kepada barang yang bersifat fungsional seperti ponsel, barang dekoratif (perhiasan), dan barang yang bersifat emosional (benda-benda yang menunjukkan gengsi dan benda-benda yang dianggap berharga). Sebab jika pikiran dan hati sudah tercurah ke berbagai hal tersebut, akan dapat mengganggu kesehatian kita, jelas Pdt. Victor.


"Jumlah jemaat HKBP hampir mencapai 6 juta orang. Ketika keenam juta ini dapat sehati dan sepikir, maka karya besar dapat terwujud. Umat HKBP bukanlah yang menanti-nanti mujizat Tuhan, tetapi umat HKBP adalah umat yang mempersembahkan dirinya menjadi alat penyataan mujizat Tuhan, sebut Pdt. Victor.


Ompu i Ephorus, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar menyebutkan pentingnya kesehatian diwujudkan di seluruh aras pelayanan HKBP. Indonesia yang majemuk ini juga membutuhkan kesehatian demi tercapainya sebagai negara maju. "Kesehatian HKBP harus bersinar di tengah-tengah bangsa Indonesia yang kita cintai ini," tandas Ephorus.

Beberapa program besar akan dilakukan HKBP ke depan, seperti pelayanan terhadap kaum difabel, korban bencana alam dan perealisasian Sentralisasi Keuangan. Untuk mewujudkannya, butuh perubahan mindset dan spiritualitas. Kesehatian juga harus benar-benar nyata dalam kehidupan keluarga jemaat HKBP dan dalam hidup persekutuan kaum muda. Demikian teknologi digital dapat dimanfaatkan jemaat HKBP dalam membangun kesehatian umat percaya," terang Pdt. Robinson. 

Kegiatan syukuran awal tahun dihadiri hampir 300 orang jemaat, pelayan HKBP Distrik I Tabagsel-Sumbar, undangan dari Instansi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan, Polres Kota Padangsidimpuan, Polres Tapanuli Selatan, Dandim 022/TS, anggota DPRD Tapanuli Selatan (Pangeran Edison Rambe, SE, MM dan Ephorus GKPA, Pdt. Ramos BB Simanjuntak, S.Th turut hadir serta didaulat memberi Kata Sambutan mewakili Pimpinan dari gereja tetanga.


Panitia merangkai acara dengan tatanan yang baik. Rangkaiannya dapat dilihat sebagai berikut: pelaporan dan penyerahan inventaris mobil dari Panitia Tahun Pemberdayaan HKBP Distrik I Tabagsel-Sumbar, dilanjutkan dengan pembubaran panitia oleh Praeses, launching, dan pelantikan tahun kesehatian, pemberian kata sambutan, makan bersama, dan mangulosi para donatur oleh Ompu i Ephorus. (B-TIK)








Pustaka Digital