"Molo ingkon mamujimuji ahu, angka hagaleonki ma hupapujipuji.

Jika aku harus bermegah, maka aku akan bermegah atas kelemahanku."

2 Korint. 11:30

Excellent Service di Kantor Pusat HKBP


Kamis (29/07/2021) Biro Pembinaan HKBP menyelenggarakan Pemberdayaan Pelayan Penuh Waktu dan Pegawai Kantor Pusat HKBP dengan tema “Excellent Service” di gedung Raja Pontas Lumbantobing. Pembicara dalam kegiatan ini adalah Bpk. Luhut Sagala, CITD (Managing Director LUSAGA Training & Consulting) dan Bpk. Hermanto Kosasih (EQ Master Trainer-Jakarta). Kegiatan ini dihadiri oleh 20 peserta secara onsite dan 43 peserta secara virtual. Kepala Biro Pembinaan HKBP, Pdt. Dr. Enig S. Aritonang membuka acara kegiatan ini.

Beragam tantangan dihadapi oleh HKBP pada masa-masa kini antara lain: tawaran-tawaran menarik dari gereja-gereja lain, ajaran-ajaran tradisional maupun juga dari sekte-sekte lain yang mulai muncul ke permukaan, serta adanya perkembangan dalam dunia hiburan yang mampu membuat banyak jemaat HKBP dapat berpindah dari HKBP.


“Penerapan Excellent Service dimulai dengan menjaga kebersihan dan keindahan dari tempat pelayanan Kantor Pusat seperti area parkir, toilet, ruang tunggu, taman, serta ruangan kantor sehingga orang-orang yang datang berkunjung akan merasa nyaman” kata Luhut.

“Para pelayan dan pegawai harus selalu mampu menerapkan keramahtamahan yang baik seperti memberikan senyum, sapa, dan salam kepada para tamu yang datang. Pelayanan yang seperti ini sangatlah dibutuhkan untuk memberikan penilaian yang bagus serta menciptakan suasana kerja yang ramah dan nyaman di Kantor Pusat HKBP” tambah Luhut.

“Sangat penting untuk menciptakan suasana yang nyaman kepada jemaat ataupun tamu-tamu yang datang ke Kantor Pusat HKBP. Perlu juga untuk memperhatikan penampilannya agar senantiasa menarik untuk dilihat orang lain.” kata Hermanto.


Hermanto memberikan ilustrasi melalui video singkat mengenai pelayanan dari seorang resepsionis hotel yang selalu memberikan pelayanan yang ramah dan murah senyum, berpenampilan menarik, serta mampu menciptakan obrolan-obrolan singkat untuk memberikan kenyamanan kepada para tamu yang datang.

 Seperti itulah pelayanan yang diharapkan untuk dilakukan oleh para pelayan penuh waktu dan pegawai di Kantor Pusat. Dengan demikian HKBP dapat memberikan excellent service ketika menerima kedatangan para tamu baik dari jemaat maupun juga dari luar jemaat HKBP.

Semoga pelayanan yang diberikan oleh para pelayan penuh waktu dan juga pegawai Kantor Pusat HKBP akan semakin meningkat dengan selesainya seminar Excellent Service ini dan kedepannya Kantor Pusat HKBP mampu menjadi contoh baik bagi gereja-gereja HKBP maupun juga gereja dan kantor-kantor lainnya dalam penerapan Excellent Service. (LTN) 


Pustaka Digital