"Di ari uju na jongjong ho di adopan ni Jahowa, Debatam, di Horeb, uju na nidok ni Jahowa tu ho; paluhut ma bangso i di Ahu, asa Ahu patubegehon tu nasida hatangKu, angka siparateatehononnasida, asa marhabiaran nasida mida Ahu saleleng mangolu nasida di tano on, asa diajarhon huhut tu angka anakhonnasida.

Yakni hari itu ketika engkau berdiri di hadapan Tuhan, Allahmu, di Horeb, waktu Tuhan berfirman kepadaku: suruhlah bangsa itu berkumpul kepada-Ku, maka Aku akan memberi mereka mendengar segala perkataan-Ku, sehingga mereka takut kepada-Ku selama mereka hidup di muka bumi dan mengajarkan demikian kepada anak-anak mereka."

5 Musa 4:10

Gerejanya Pernah Hangus Terbakar, Ephorus ajak Warga HKBP Parbuahan Terus Berubah di dalam Yesus

Dairi, HKBP.or.id - November 2019 merupakan suatu tragedi bagi seluruh warga HKBP Parbuahan Resort Juma Ramba. Gereja yang terletak di Desa Pegagan Julu 6 Sumbul Kabupaten Dairi, kala itu hangus terbakar.


Jerit tangis mereka kala itu, berganti menjadi jerit tawa sukacita pada hari minggu ini. Mereka terkejut melihat kehadiran Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar padahal tidak ada acara yang menurut mereka special pada hari Minggu, 24 April 2022. Belum lagi, gereja yang sedang dibangun itu belum rampung, kursinya masih dari potongan kayu seadanya, lantainya juga masih tanah. Bahkan anak-anak sekolah minggu masih duduk menggunakan tikar. Tapi Ephorus justru tiba-tiba hadir melayani mereka.


Khotbah pada Minggu Quasimodogeniti tertulis di Kisah Para Rasul 9:1-6. Mengajak setiap orang percaya yang berjumpa dengan Yesus Kristus untuk terus berubah (baca: bertobat) "Berubah merupakan ciri kekristenan. Tentu perubahan yang dimaksud adalah perubahan menjadi lebih baik setelah berjumpa dengan Yesus Kristus," ungkap Ephorus.


Firman Tuhan tersebut menyaksikan bahwa sebelum berjumpa dengan Yesus, Saulus adalah pemburu para pengikut Yesus. Namun setelah ia berjumpa dengan Yesus, ia justru menjadi pengikut yang paling setia. Bukan hanya pengikut yang setia, ia juga menjadi pemberita Injil Yesus Kristus yang paling efektif dan progresif. Sehingga kekristenan semakin menyebar dan bertumbuh subur.

Firman Tuhan ini mengajak warga masa kini juga untuk terus berubah setiap hari setelah berjumpa dengan Yesus. Berubah dari pemarah menjadi peramah, berubah dari pembawa keributan menjadi pembawa kedamaian.


Sesaat sebelum memasuki jam kebaktian, Ephorus dan Praeses HKBP Distrik VI Dairi yang turut serta melayani, terkejut mendapati fakta mengharukan lainnya. Ternyata ada 5 dari 9 sintua yang tidak memiliki baju parhobas, yang ikut terbakar pada peristiwa 2019 kala itu. Melihat realita itu, Ephorus menyampaikan persembahan syukurnya untuk pengadaan 5 baju parhobas, agar sintua HKBP Parbuahan yang melayani 80 KK semakin semangat melayani. (SKE_JFS)

Pustaka Digital