"Molo ingkon mamujimuji ahu, angka hagaleonki ma hupapujipuji.

Jika aku harus bermegah, maka aku akan bermegah atas kelemahanku."

2 Korint. 11:30

Grand Lauching Sopo Nommensen HKBP


Sopo Nommensen dibangun di area Kantor Pusat HKBP, Pearaja Tarutung yang berdekatan dengan Gedung Raja Pontas Lumbantobing. Pendirian kedua bangunan didasari pemikiran untuk mengenang  "persahabatan Dr. Ingwer Ludwig Nommensen dengan Raja Pontas Lumbantobing dalam penyebaran Kekristenan," sebut Ephorus Pdt. Dr. Robinson Butarbutar saat meninjau kesiapan Grand Launching Sopo Nommensen HKBP yang dilaksanakan Sabtu (28/8/2021).


Grand Launching diawali dengan ibadah yang dilayankan Kepala Departemen Diakonia, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th sebagai liturgis dan Sekretaris Jenderal, Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST sebagai pengkhotbah. Doa syafaat dibawakan Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga. Dalam khotbahnya, Pdt. Victor menekankan  "kita ada, hidup dan yang kita miliki bukan kebetulan, tetapi karena kemurahan, belas kasihan Allah. Dan persembahan yang diberikan   atas pengenalan kemurahan dan belas kasihan Allah. Itu juga yang menggerakkan kita bertransformasi.”



Ketua Panitia Pembangunan, Prof. Jhon Hutagaol memberitahukan Sopo Nommensen dibangun  sejak tahun 2017. Semua ini karena kemurahan dan kuasa Tuhan Yesus. Ketua Panitia juga berterima kasih kepada jemaat, donatur, arsitektur, pemerintah, dan pimpinan HKBP Periode 2016 - 2020 dan Periode 2020 - 2024. Bangunan Sopo Nommensen bertujuan untuk peningkatan pelayanan HKBP dan mendukung pelayanan pemerintah secara khusus di bidang pariwisata di daerah Tapanuli Utara dan Kawasan Danau Toba. Di moment ini,  Panitia secara resmi menyerahkan bangunan Sopo Nommensen menjadi milik HKBP.



Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Jend. (Purn) Luhut Binsar Panjaitan menyambut hangat bangunan Sopo Nommensen dan menyebutkan "saya senang melihat kepemimpinan Ephorus kita sekarang ini yang memberikan contoh-contoh dan teladan dan saya titip kepada pemimpin-pemimpin HKBP agar hidup sederhana dan dapat menjadi teladan." Luhut juga mengharapkan peranan HKBP untuk mensukseskan vaksinasi Covid-19 dan turut membantu agar pesta-pesta adat Batak tetap berpedoman pada protokol kesehatan.




Ompu i Ephorus berterima kasih atas kebaikan Tuhan yang telah dibuat panitia, jemaat, pemerintah, dan  Pimpinan HKBP. Beliau memberitahukan Sopo  Nommensen dibangun sebagai penginapan dengan fasilitas-fasilitas dan pelayanan berkualitas tinggi (high quality) dan mengajak warga HKBP dan masyarakat umum berkenan tinggal di sini.



Turut juga menyampaikan kata sambutan Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno,  Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Utara, Ir. Poltak Pakpahan mewakili pemerintah dan tokoh masyarakat, Rudi Chandra, pengusaha yang tinggal di Singapura, dan selama ini cukup banyak membantu  HKBP.




Sebagai pertanda rasa terima kasih HKBP kepada panitia yang telah berusaha maksimal membangun Sopo Nommensen sebagai penginapan setara Hotel Bintang 3, Ephorus didampingi Pimpinan lainnya menyemangatkan ulos. (B-TIK)



Pustaka Digital