"Di ari uju na jongjong ho di adopan ni Jahowa, Debatam, di Horeb, uju na nidok ni Jahowa tu ho; paluhut ma bangso i di Ahu, asa Ahu patubegehon tu nasida hatangKu, angka siparateatehononnasida, asa marhabiaran nasida mida Ahu saleleng mangolu nasida di tano on, asa diajarhon huhut tu angka anakhonnasida.

Yakni hari itu ketika engkau berdiri di hadapan Tuhan, Allahmu, di Horeb, waktu Tuhan berfirman kepadaku: suruhlah bangsa itu berkumpul kepada-Ku, maka Aku akan memberi mereka mendengar segala perkataan-Ku, sehingga mereka takut kepada-Ku selama mereka hidup di muka bumi dan mengajarkan demikian kepada anak-anak mereka."

5 Musa 4:10

HKBP Immanuel Siboris Hadapi Pergumulan, Pdt. Ebsan: Kuncinya Adalah Kesatuan Pikiran & Hati

Minggu, 5 Desember 2021, Pdt. Ebsan Hutabarat, M. Th selaku Praeses HKBP Distrik I Tabagsel melayankan khotbah pada kebaktian Minggu Advent ke II di HKBP Immanuel Siboris Resort Sipirok. Gereja ini dilayani oleh Calon Pendeta Bokee Michael Sinaga, S. Th bersama dengan 3 orang sintua dan 1 orang calon sintua. Gereja dipimpin oleh St. L. Situmorang.


Gereja ini dulunya berjumlah 30 KK, tetapi sekarang hanya tinggal 20 KK. Hal ini disebabkan adanya situasi dan kondisi yang menyebabkan banyak anggota jemaat memilih untuk pindah gereja. HKBP Immanuel Siboris Resort Siboris terletak di Kabupaten Padang Lawas Selatan, berjarak tempuh 1 jam dari Gunung Tua. Saat ini gereja HKBP Siboris mengalami sebuah pergumulan, yakni terhentinya pembangunan gereja. Pembangunan telah dimulai sejak tahun 2018 yang lalu.



Melihat pergumulan yang dihadapi oleh gereja dan warga jemaat, Pdt. Ebsan Hutabarat, M. Th (Praeses HKBP Distrik I Tabagsel) mengunjungi jemaat untuk memberikan semangat serta penguatan agar tetap sabar dan tabah dalam menghadapi tantangan yang dihadapi. Selain itu, Pdt. Ebsan juga menyapa anak-anak Sekolah Minggu yang saat ini berjumlah 10 orang, terdiri dari 2 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Pdt. Ebsan memberi nasihat kepada mereka agar senantiasa membekali diri, dengan tetap setia dan beriman kepada Tuhan Yesus.


Lebih lanjut, dalam bimbingan pastoralnya, beliau juga menyampaikan agar seluruh jemaat, parhalado dan uluan agar tetap satu hati, satu pikiran serta dapat menjadi panutan dan teladan bagi masyarakat sekitar. Kiranya Tuhan Yesus memberikan Roh-Nya kepada seluruh umat dalam menyambut kedatangan-Nya.





Sumber: Pdt. Opranto Siagian (FB)

Pustaka Digital