"Ai Ahu do donganmu,” ninna Jahowa, “laho paluahon ho; ai sun siap do bahenonHu saluhut bangso parbegu haambolonganmu na Hubahen i na sai laon, alai anggo ho ndang siap bahenonHu; ingkon pinsangonHu do ho nian hombar tu uhum, jala ndang tarbahen so toruanHu ho.

Sebab Aku menyertai engkau, demikianlah firman TUHAN, untuk menyelamatkan engkau: segala bangsa yang ke antaranya engkau Kuserahkan akan Kuhabiskan, tetapi engkau ini tidak akan Kuhabiskan. Aku akan menghajar engkau menurut hukum, tetapi Aku sama sekali tidak memandang engkau tak bersalah."

Jeremia 30:11

HKBP Janji Maria Resort Parbaba Terima Tiga Hal Penting dari Praeses Pdt. Rein Justin Gultom

Warga jemaat dan pelayan HKBP Janji Maria Resort Parbaba Disrik VII Samosir bersukacita menerima tiga hal penting dari kehadiran Praeses HKBPDistrik VII Samosir Pdt. Rein Justin Gultom,STh,MA di gereja HKBP Janji Maria,Minggu (20/2/2022).


Tiga hal penting yang diterima warga gereja HKBP Janji Maria dari Praeses Gultom yang menjadikan mereka merasa terberkati sehingga bersukacita yaitu  Firman Tuhan Khotbah yang bernas di Ibadah Minggu, Pembekalan Spiritual setelah ibadah Minggu yang dilanjutkan dengan Pelatihan Pengembangan Kopetensi berbasis lingkungan.


Praeses Rein Justin dalam khotbahnya dari Lukas 6: 27 – 37 menerangkan perkembangan teknologi yang dapat membuat warga semakin memicu kebencian tetapi disisi yang lain dapat juga menjadikan perdamaian. Pdt.Rein Justin mengajak warga jemaat untuk berlomba menyampaikan maaf, karena orang yang menyadari kesalahannya dan meminta maaf, itu yang dikehendaki Tuhan.


Setelah Ibadah Minggu, kegiatan dilanjutkan dengan Pemebekalan Spiritualitas warga dengan menerangkan analisis SWOT yang melibatkan peran serta warga untuk menemukan persoalan yang dihadapi jemaat. Sesi diskusi menjadi hal yang sanagat penting untuk mendengarkan apa saja yang menjadi pergumulan warga dalam kehidupan sehari hari dan kehidupan bergereja.


Pada Pelatihan Pengembangan Kopetensi berbasis lingkungan, dengan mempergunakan alat yang cukup sederhana, Pdt. Rein Justin mempraktekkan bagaimana cara menganalisa tingkat kesuburan tanah dengan mencari tahu apakah tanah tersebut mengandung elektrolit atau tidak. Pdt. Rein menjelaskan bahwa tanah yang mengandung elektrolit biasanya adalah tanah yang subur dan itu kita dapatkan dengan menggunakan pupuk kompos.


Praeses menerangkan bagaimana cara pembuatan kompos bagi petani, kemudian pelatihan perikanan berbasis terpal dan tong plastik untuk ikan lele. Bagi para ibu-ibu, istri Praeses inang F. br. Simarmata juga membuat pelatihan pembuatan sabun cuci piring cair untuk menghemat perekonomian warga. Demi keberlanjutan program, Praeses Gultom sudah merancang bagaimana Distrik supaya kegiatan ini boleh berlanjut untuk waktu-waktu mendatang. 


Lokasi gereja HKBP Janji Maria terletak di daerah terpencil di Pulau Samosir dapat dilalui dengan jalan tanah dengan jarak 10 Km dari jalan aspal yang di layani sebagai Pimpinan jemaat St. P. Simarmata. Rombongan Praeses menuju HKBP Janji Maria dipandu oleh pendeta HKBP Resort Parbaba Pdt. Tunggul Simanjuntak,STh. (P. Sam/ Yohansen – B’TIK).

 

Pustaka Digital