"Minggu Advent II
Topik: MARHABADIAON MANOMU ARI NI KRISTUS (HIDUP SUCI DALAM PENANTIAN HARI KRISTUS)"

Ev: Pilippi 1 : 3 - 11/Ep: Psalmen 24 : 1 - 10

HKBP MENGGELAR SINODE AGUNG KE 66

Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) menggelar agenda penting di tahun 2022 ini yaitu Sinode Agung HKBP ke 66 yang dilaksanakan pada tanggal 24-27 Oktober 2022 bertempat di Auditorium Seminarium Sipoholon. Adapun yang menjadi tema: Bertolong-tolonglah menanggung bebanmu, Demikianlah kamu memenuhi hukum kristus (Gal.6:2) dan subtema : Melalui tata dasar dan tata laksana yang lebih baik dan sentralisasi keuangan, HKBP semakin bersemangat meningkatkan pelayanannya di era digitalisasi. Sinode Agung ke 66 ini  merupakan lanjutan dari Sinode Agung HKBP sebelumnya sebagai wadah pengambilan keputusan tertinggi di HKBP. Salah satu agenda penting dalam pelaksanaan sinode ini adalah pembahasan dan penetapan Amendemen AP HKBP 2022 serta pembahasan dan penetapan sentralisasi keuangan HKBP. (Sipoholon, 25 Oktober 2022) 



Sinode Agung HKBP Ke 66  diawali dengan ibadah pembukaan  dan perjamuan kudus yang dipimpin Pdt. Dr. Jacklevyn Manuputti (Pengkotbah), Pdt. Donda Simanjuntak, S.Th (Liturgis), Pdt. Sarlen Lumbantobing (Doa Syafaat) dan Pdt. Ebsan Hutabarat, MTh (Perjamuan Kudus). Dalam khotbahnya yang dikutip dari Galatia 6:1-10  Pdt. Dr. Jacklevyn dalam khotbahnya mengatakan bahwa dalam pelaksanaan Sinode Agung HKBP ini kita semua telah belajar untuk bersekutu, bersatu dan saling tolong menolong untuk menanggung beban bukan karena kita berkumpul bersama di dalam satu Gereja atau berada dibawah satu bendera Gereja tapi karena kita bersama -sama ada di bawah satu hukum Kristus sebagaimana dikatakan dalam Galatia 6:2 “Bertolong-tolonglah menanggung bebanmu. Hal ini telah nyata dilakukan oleh Gereja HKBP sendiri sekaligus menjadi kesaksian yang hidup terlebih lagi dalam menghadapi wabah covid 19.




Dalam ibadah ini turut juga dibacakan nama-nama peserta sinode godang HKBP yang meninggal dunia dalam kurun waktu setelah sinode Godang ke-65 tahun 2020 s/d sebelum Sinode Godang ke-66 tahun 2022 yang dibacakan oleh Kepala Biro Personalia HKBP Pdt. Rikson Hutahaean. MTh. Kemudian dilanjutkan dengan acara pembukaan Sinode Godang HKBP ke-66 yang dipimpin oleh Ephorus HKBP Pdt. Dr. Robinson Butarbutar. Jumlah peserta Sinode Godang HKBP ke-66 sesuai dengan Aturan Peraturan HKBP, diharapkan  hadir sebanyak 1.119 orang Peserta yang hadir hingga saat ini sebanyak 1.085 orang peserta sinode. 


Usai ibadah acara dilanjutkan dengan Upacara Nasional dengan menyanyikan lagu Indonesia raya yang dipimpin oleh Gr. Pahot Sarumpaet dan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Ephorus HKBP. Dilanjutkan dengan laporan ketua umum panitia oleh Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST (sekretaris Jenderal). Kata sambutan dari Bapak Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan. Msi didampingi oleh Bupati Samosir Vandika T. Gultom, ST, Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus beserta wakil Tonny M. Simanjuntak, SE. 


Ompui Ephorus Pdt. Dr. Robinson Butarbutar dalam bimbingan dan arahannya menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasinya kepada bapak Darwin Siagian, Pdt. David F. Sibuea, D.Min yang turut hadir dalam Sinode Godang HKBP Ke-66. Beliau melaporkan keadaan yang terjadi pasca gempa yang terjadi di Tapanuli Utara serta ucapan terimakasih atas bantuan yang telah diberikan oleh berbagai pihak. Lebih lanjut lagi beliau mengajak semua peserta sinode untuk secara serius dan sehati mengkampanyekan perubahan gaya hidup, pemeliharaan dan pemulihan seluruh ciptaan agar dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang konstruktif, yang nantinya menjadi berkat tidak hanya untuk HKBP melainkan untuk Indonesia dan dunia. Kemudian acara berlanjut sampai ke persidangan yang dipimpin oleh dewan persidangan sinode. (BTIK)