"Dibahen i, ndang marnaloja hami; ai lam tu burukna pe hajolmaonnami parduru i, anggo parbagasan i ariari do dipaimbaru.

Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari."

2 Korint 4:16

HKBP Nagasaribu, Resort Nagasaribu, Distrik XVI Humbang Habinsaran



Minggu ke-14 setelah trinitatis, Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga melayankan khotbah di HKBP Nagasaribu, pada kebaktian pukul 08.30 dan 10.00 WIB. Antusiasme jemaat mengikuti kebaktian tinggi, terlihat dari jumlah pengunjung gereja yang banyak. Gereja menerapkan protokol kesehatan dengan menyediakan wastafel di depan gereja, sabun untuk mencuci tangan dan tisu. Para pengunjung gereja juga diminta untuk tetap memakai masker serta menjaga jarak. Pada kebaktian pukul 10.00 WIB, satu orang pemudi menyaksikan iman (manghatindanghon haporseaon), dan empat orang bayi menerima Sakramen Baptisan Kudus.



Jemaat HKBP Nagasaribu ini telah mencapai usia 130 tahun (Juli 1890) merujuk pada prasasti yang didirikan di depan gedung gereja. Jemaat ini juga merupakan salah satu jemaat tertua di daerah Lintong ni Huta dan saat ini memiliki dua jemaat cabang, yakni HKBP Nagasaribu IV, yang dipimpin oleh Cal. Pdt. Sondang br Tambunan, S.Th., dan Pos Pelayanan HKBP Sion, yang dipimpin oleh St. K. Sinaga. Sedangkan jemaat induk (resort), dipimpin dan dilayani oleh Pdt. Hotlan Sihite, S.Th. (selaku pendeta resort), dan Cal. Pdt. Robby S. Sianipar, S.Si. (Teol.).



 




Jumlah anggota jemaat HKBP Nagasaribu sekitar 300 KK dan dilayani oleh 13 orang sintua, 3 orang diantaranya adalah perempuan. Gedung gereja HKBP Nagasaribu berkapasitas 500 seat. Tetapi karena masa pandemi, kebaktian harus dilangsungkan dalam dua sesi, pukul 08.30 dan 10.00 WIB dan dibatasi untuk jumlah jemaat yang datang ke gereja. Kebaktian Sekolah Minggu tetap dilaksanakan di gedung yang berbeda pada pukul 08.00 WIB.

 



Seusai kebaktian minggu, Pdt. Deonal Sinaga memberi ceramah dengan topik “10 Goals Tahun Pemberdayaan HKBP.” Seperti biasa, Kepala Departemen Koinonia HKBP menyempatkan diri memberi ceramah atau pemberdayaan kepada para parhalado gereja yang dikunjungi. Tetapi di HKBP Nagasaribu ini, peserta yang mengikuti pemberdayaan mulai dari sintua HKBP Nagasaribu, Sintua HKBP Pos Pelayanan Sion, Sintua HKBP Nagasaribu IV, para guru Sekolah Minggu dari semua jemaat cabang, dan para peserta katekisasi sidi HKBP Nagasaribu. Seluruh peserta berjumlah 74 orang. Mereka begitu antusias untuk mengikuti pemberdayaan yang dilangsungkan oleh Kepala Departemen Koinonia HKBP. Diharapkan melalui pemberdayaan ini, seluruh pelayan, baik fulltimer atau non-fulltimer dapat menjadi pelayan yang transformatif, kreatif, kuat, elastis, dan tahan uji. (DK-AAS)



Pustaka Digital