"Di ari uju na jongjong ho di adopan ni Jahowa, Debatam, di Horeb, uju na nidok ni Jahowa tu ho; paluhut ma bangso i di Ahu, asa Ahu patubegehon tu nasida hatangKu, angka siparateatehononnasida, asa marhabiaran nasida mida Ahu saleleng mangolu nasida di tano on, asa diajarhon huhut tu angka anakhonnasida.

Yakni hari itu ketika engkau berdiri di hadapan Tuhan, Allahmu, di Horeb, waktu Tuhan berfirman kepadaku: suruhlah bangsa itu berkumpul kepada-Ku, maka Aku akan memberi mereka mendengar segala perkataan-Ku, sehingga mereka takut kepada-Ku selama mereka hidup di muka bumi dan mengajarkan demikian kepada anak-anak mereka."

5 Musa 4:10

HKBP Onan Runggu, Res. Onan Runggu, Distrik II Silindung


Minggu, 29 Agustus 2021, Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, melayankan khotbah pada ibadah Minggu XIII Setelah Trinitatis di HKBP Onan Runggu, Resort Onan Runggu, Distrik II Silindung. HKBP Onan Runggu ini terletak di desa Onan Runggu 3 dan terbagi dalam 4 lingkungan, yakni Onan Runggu, Sibuntuon, Silimabahal, dan Lumban Holbung. Kelompok marga yang dominan di desa Onan Runggu 3 adalah marga Simanjuntak dan Silitonga. Di desa Onan Runggu 3 ini terdapat berbagai denominasi gereja selain HKBP, yaitu GKPI, HKI, Pentakosta, Bethel, dan Katolik. Merujuk pada prasasti yang diletakkan di depan gereja, usia HKBP Onan Runggu telah mencapai 136 tahun. Kapasitas gedung gereja bisa menampung sekitar 400 orang, tetapi sejak pandemi Covid-19 merebak, kebaktian minggu dilaksanan dalam dua sesi pada pukul 09.30 WIb dan pukul 11.00 WIB. Saat ini HKBP Resort Onan Runggu dilayani oleh Pdt Ridwan Y.P. Lumban Raja, S.Th., (Uluan Huria) dan Bvr. Yetti Tiorli Lubis. Terdapat 11 orang sintua, dan 2 orang calon sintua.

 


Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, melayankan khotbah pada kebaktian Minggu pukul 09.30 WIB dan 11.00 WIB dengan mengikuti protokol kesehatan yang telah dihimbau oleh pemerintah. Di dalam Khotbahnya, Pdt. Dr. Deonal Sinaga mengingatkan para jemaat tentang pemeliharaan hati, terlebih di masa pandemi ini. Sebab, hati yang sehat akan menjadi penuntun paling menentukan dalam hidup ini. Hati yang dikuasai roh Tuhan akan menuntun hidup seseorang di jalan yang Tuhan kehendaki.

 

Seusai kebaktian Minggu, Ka. Dep. Koinonia HKBP memberi pemberdayaan kepada seluruh sintua dan parhalado HKBP Onan Runggu. Jumlah peserta yang hadir, yakni 12 orang sintua dari sabungan, 6 orang dari pagaran, termasuk pendeta resort dan bibelvrouw. Selama pemberdayaan berlangsung, para sintua mengikuti dengan antusias dan beberapa diantaranya aktif bertanya, serta memberi respons yang reflektif. Pemberdayaan berakhir pukul 15.00 WIB ditutup dengan sesi foto bersama. (DK-AAS)

Pustaka Digital