HKBP Palipi Mogang Merayakan Jubileum 125 Tahun

PALIPI, hkbp.or.id - Jemaat HKBP Palipi Mogang merayakan Jubileum 125 tahun pada hari Minggu 8 Oktober 2023, tepat satu hari setelah hari jadi HKBP yang pada 7 Oktober 2023 berusia 162 tahun.

Jemaat HKBP Palipi Mogang berdiri pada bulan Juni 1898 namun perayaan Jubileum 125 tahun harus dirayakan pada bulan Oktober 2023 dikarenakan beberapa persiapan yang harus diselesaikan.

Jemaat HKBP Palipi Mogang saat ini dilayani oleh Pdt. Richard Hutasoit selaku Pendeta Resort dan Bvr. Melati Pakpahan.

Ibadah dilayani oleh Pdt. Richard Hutasoit dan Pdt. Rein Justin Gultom (Praeses HKBP Distrik Samosir) sebagai Liturgis sedangkan Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan sebagai Pengkhotbah.

Khotbah Pdt. Tinambunan berdasar kepada Kitab Yesaya 5: 1-7.

Dalam khotbahnya, Pdt. Tinambunan menjelaskan bahwa Allah telah menyediakan tempat yang terbaik dan menanam bibit yang terbaik namun bangsa itu malah menghasilkan buah yang asam.

Buah yang asam dapat diartikan sebagai perbuatan-perbuatan yang tidak baik yang tidak sesuai dengan kehendak Allah.

Pdt. Tinambunan juga menjelaskan, meskipun Kitab Yesaya ditulis ribuan tahun yang lalu dan kontek lokasinya ada ribuan kilometer dari Samosir, namun Tuhan yang sama juga telah menyediakan tempat yang terbaik dan membuat kita menjadi benih yang terbaik melalui Injil yang diberitakan sejak 125 tahun yang lalu di Palipi Mogang.

Pemeliharaan Allah kita rasakan baik melalui tubuh juha jiwa kita. Gerakan pemberitaan Injil melalui pendidikan dan kesehatan merupakan buah kasih Allah kepada tubuh dan jiwa kita. 

Pdt. Tinambunan mengingatkan dan mengajak warga jemaat untuk mendukung pembangunan kembali RS Nainggolan.

"Palipi dekat dengan Nainggolan, kita ingat sudah pernah ada Rumah Sakit di Nainggolan dan sebentar lagi RS tersebut akan dibangun ulang sebagai buah dari pemeliharaan Allah kepada tubuh serta jiwa kita. Oleh karena itu marilah kita ajak semua keluarga dan anak rantau untuk mendukung pembangunan kembali RS Nainggolan tersebut," ajak Pdt. Tinambunan.

Menutup khotbahnya, Pdt. Tinambunan menyimpulkan bahwa pemeliharaan Allah tidak pernah berkesudahan maka bersukacitalah karena Allah merawat dan menyediakan anugerah untuk tubuh dan jiwa kita sepanjang hidup kita.

Ibadah dan perayaan jubileum HKBP Palipi Mogang dihadiri oleh beberapa pelayan penuh waktu se-HKBP Distrik Samosir dan yang pernah melayani di HKBP Palipi Mogang.

(SKS-NS)

Pustaka Digital