HKBP Pearaja Layankan Sakramen Perjamuan Kudus dengan Protokol Kesehatan Ketat


Pearaja (2/4/2021), Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST., menyampaikan khotbah dalam kebaktian Jumat Agung di HKBP Pearaja, Resort Pearaja, Distrik II Silindung, Sumatera Utara. Kebaktian dibagi menjadi dua yaitu pukul 08:00 WIB dan 10.30 WIB. Selain dilaksanakan dalam dua waktu, pihak gereja juga membatasi jumlah warga jemaat yang hadir di ruangan gereja. Hal tersebut dilakukan demi menjaga protokol kesehatan.


Pembatasan jumlah dan ketatnya penerapan protokol kesehatan ternyata tidak menyurutkan keinginan warga jemaat untuk datang mengikuti kebaktian di HKBP Pearaja. Ada sekitar 601 orang yang datang mengikuti ibadah sehingga majelis gereja harus mempersiapkan kursi-kursi tambahan di pelataran depan gereja.



Di dalam khotbahnya yang didasarkan kepada teks Lukas 23:44-48, Pdt. Victor menekankan supaya semua umat Kristen meneladani Tuhan Yesus yang begitu mementingkan umat manusia dan telah berkorban demi kita semua. "Dalam penderitaan yang sangat sakit, Tuhan Yesus masih tetap mementingkan orang lain." Dengan demikian, kita akan terhindar dari bibit-bibit radikalisme dan egoisentrisme yang dapat merugikan orang lain.



Dalam rangkaian ibadah dilaksanakan Perjamuan Kudus yang tetap menerapkan protokol kesehatan. Sakramen Perjamuan Kudus dilayankan oleh 10 orang pendeta yang semuanya memakai sarung tangan dan masker. Pdt. Saor Hutagaol, selaku pimpinan jemaat, berulang kali mengingatkan para majelis dan pendeta yang melayani sakramen untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Inilah pelayanan Sakramen Perjamuan Kudus yang pertama dilakukan oleh HKBP Pearaja pada masa pandemi Covid-19. 





Turut menjaga jalannya ibadah, hadir personel gabungan TNI-POLRI dan beberapa personel organisasi masyarakat.



Kontributor: Kantor Sekjend HKBP

comments