"Molo ingkon mamujimuji ahu, angka hagaleonki ma hupapujipuji.

Jika aku harus bermegah, maka aku akan bermegah atas kelemahanku."

2 Korint. 11:30

HKBP Sosor Gonting, Resort Sosor Gonting, Distrik III Humbang


Minggu, 25 Juli 2021, Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Deonal Sinaga, Melayankan khotbah pada ibadah Minggu VIII Setelah Trinitatis di HKBP Sosor Gonting, Resort Sosor Gonting, Distrik III Humbang.

 

Jemaat HKBP Sosor Gonting sudah berusia 113 tahun merujuk pada prasasti yang ditempelkan di dinding gereja. Menjadi resort tahun 2004 dan memiliki satu jemaat cabang, HKBP Pakkat Dolok. Merujuk pada data terakhir tahun 2020, anggota jemaat HKBP Sosor Gonting berjumlah sekitar 560 KK, belum termasuk para janda dan yang belum resmi terdaftar. Uniknya gereja ini, anggota jemaatnya berasal dari tiga desa, yakni Desa Sosor Gonting (mayoritas marga Simamora), Desa Hutaraja (mayoritas marga Purba), dan Desa Sileang (mayoritas marga Sihite).

 

Saat ini HKBP Resort Sosor Gonting dilayani oleh Pdt. Martunas Aritonang, S.Th., dan Bvr. Sartika br Sihite (sedangkan di HKBP Pakkat Dolok dilayani Bvr. Dian Kiki br Sinaga). Terdapat 27 orang sintua, dan 5 orang diantaranya adalah perempuan.

 



HKBP Sosor Gonting memiliki fasilitas gedung gereja dan gedung serbaguna. Gedung gereja memiliki kapasitas 450-500 seat. Tetapi dalam masa pandemi Covid-19 ini, kebaktian Minggu dilaksanakan dalam 3 sesi untuk menerapkan protokol kesehatan, yakni pukul 08.00 WIB, 09.30 WIB, dan 11.00 WIB. Ka. Dep. Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga melayankan khotbah pada kebaktian sesi 2 dan sesi 3.

 

Seusai kebaktian Minggu, Ka. Dep. Koinonia HKBP memberi pemberdayaan kepada seluruh sintua dan parhalado HKBP Resort Sosor Gonting (para sintua dari HKBP Pakkat Dolok tiba pukul 13.00 WIb setelah usai melayani kebaktian di HKBP Pakkat Dolok). Jumlah peserta yang hadir, 21 orang sintua, 2 orang bibelvrouw, dan pendeta resort. Pemberdayaan singkat ini berlangsung sekitar 90 menit. Selama pemberdayaan berlangsung, para sintua dengan antusias mengikutinya, beberapa diantaranya aktif bertanya dan memberi respons yang reflektif (DK-NXC).

Pustaka Digital