"Dibahen i, ndang marnaloja hami; ai lam tu burukna pe hajolmaonnami parduru i, anggo parbagasan i ariari do dipaimbaru.

Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari."

2 Korint 4:16

Hospitality, Culinary, and Digital Marketing

Hari kedua (05/04/2022) Diklat Kepariwisataan: Hospitality and Culinary yang diselenggarakan oleh HKBP melalui Departemen Koinonia-Biro Pembinaan berjalan dengan baik. Peserta dibagi kedalam tiga bagian pelatihan yaitu Hospitality, Culinary, dan Digital Marketing. Hospitality diajarkan oleh Ibu Justina Puspawati, B.Sc, Culinary diajarkan oleh Ibu Yelly Walansendow, S.E., S.ST.Par., M.Si. dan Digital Marketing diajarkan oleh Ibu Lucia Dhenok. Peserta yang mengikuti kelas Hospitality dan Digital Marketing di Gedung Museum dan Arsip HKBP sementara peserta kelas Culinary di Ruang Menza Seminari HKBP Sipoholon.

“Hal yang paling penting untuk dimiliki oleh orang-orang yang bekerja dibidang Hospitality baik perhotelan, restoran, usaha mandiri, dan lainnya adalah keinginan untuk melayani. Keinginan melayani penting untuk ada dalam setiap orang yang bekerja dibidang hospitality sehingga pelayanan yang mereka berikan betul-betul tulus dan dapat dirasakan oleh para tamu yang datang sehingga mereka mendapatkan ketertarikan tersendiri untuk kembali lagi ke tempat kita bekerja.” jelas Justina mengenai Hospitality.


Di dalam kelas Culinary, materi mengenai Tourismpreneur/ Enterpreneurship disampaikan oleh Ibu Yelly Walansendow. Peserta kelas Culinary yang sebanyak 38 orang ini diajarkan untuk mengenal apa saja materi atau aspek yang dapat dikembangkan di dalam kepariwisataan. Kemudian narasumber juga bertanya kepada para peserta apa saja daya tarik atau kelebihan apa yang dimiliki oleh peserta masing-masing dan juga wilayah dari mana mereka berasal. Ketika mereka sudah mengenal ketertarikan mereka, sumber daya alam apa saja yang berasal dari wilayah mereka, juga daya tarik apa yang bisa ditawarkan di mana mereka tinggal, maka mereka bisa mengembangkannya dengan baik.


“Mau tidak mau dalam keadaan saat ini semua orang yang memiliki usaha ataupun pekerjaan harus aktif dalam media sosial serta memahami digital marketing dengan baik. Dengan demikian produk-produk yang kita miliki dapat dijangkau secara luas oleh orang banyak dan sesuai target pasar.” ucap Lucia dalam penjelasannya mengenai Digital Marketing.


Kiranya melalui sesi hari ini ini, para peserta dapat semakin membuka pikiran, menerima pengajaran dengan baik, dan menerapkannya, sehingga ilmu yang mereka terima dapat digunakan dengan baik. (BP-LTN/VBM)

Pustaka Digital