Ibadah Jubileum HKBP Habeahan Dipimpin oleh Bapak Kepala Departemen Koinonia HKBP


Perjalanan panjang pelayanan Kekristenan di desa Habeahan kecamatan Lintongnihuta Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara telah dilampaui. Tahun 1872, Pekabar Injil zending Jerman telah sampai dan memberitakan Firman di desa Parulohan dan Habeahan. Namun, sulitnya menerima keKristenan serta letak desa yang masih minim penduduk membuat HKBP Habeahan berdiri pada tahun 1969. Pada bulan april 1969, natuatua ni masyarakat Habeahan mengadakan rapat untuk mendirikan geraja HKBP agar mankae dari HKBP Parulohan. Pada tanggal 2 Juni 1969 diadakan peribadahan yang pertama dan hari berdirinya HKBP habeahan setelah manjaedariHKBPParulohan yang merupakan Sabungan Resort Habeahan kini. Ibadah pertama di HKBP Habeahan dipimpin oleh Pdt. Gomar Sihombing (Alm).

Pada Minggu II Dung Trinitatis 30 Juni 2019, HKBP Habeahan merayakan Syukuran Pesta Jubileum yang ke 50 tahun. Ibadah Jubileum di adakan di lingkungan Gereja yang dipimpin langsung oleh Bapak Kepala Departemen Koinonia HKBP sebagai pemberita Firman, Bapak Praeses HKBP Distrik XVI Humbang Habinsaran sebagai Liturgis serta Bapak Ka. Biro Pembinaan memimpin doa syafaat.


Ibadah Jubileum diawali dengan barisan Prosesi lalu pengkalungan bunga yang di sampaikan oleh anak Sekolah minggu kepada Bapak Kadep Koinonia HKBP dan Bapak Praeses HKBP Distrik XVI Humbang Habinsaran juga kepada ketua panitia Jubileum, lalu dilanjutkan dengan penandatanganan Prasasti Jubileum 50 Tahun HKBP Habeahan oleh Bapak Pdt. Dr. Martongo Sitinjak kemudian pelepasan burung merpati dan penanaman pohon di lingkungan Gereja HKBP Habeahan.

Mazmur 32 :1-11 menjadi firman di minggu II Setelah Trinitatis dan pesta Jubileum ini, Pdt.Marongo Sitinjak menyampaikan bahwa Orang yang berbahagia adalah: diampuni TUHAN pelanggarannya, dosanya ditutupi TUHAN, kesalahannya tidak diperhitungkan TUHAN dan tidak berjiwa penipu. Hakekat utama ber-Tuhan adalah berbahagia. Itu hanya dapat diperoleh sebagai anugerah TUHAN. Berbahagialah orang yang dibenarkan TUHAN.


Sungguh luar biasa perjalanan Pelayanan dan perkembangan pelataran Gereja ini, mulai dari kesatuan para “ompungnta” untuk mendirikan hingga permasalahan-permasalahan yang datang dan pergi untuk dihadapi hingga saat ini kita dapat merasakan indahnya Injil serta pengaruh penginjilan bagi para masyarakat di Habeahan ini, maka bersyukurlah dan muliakanlah namaNya, terang Bapak Pdt. Martongo Sitinjak.

Firman bekerja ditengah-tengah bangsa Batak, sehingga tertanam kepercayaan kepada Yesus Kristus dalam kehidupan masyarakat di  Habeahan. Kepercayaan kepadaNya menjadikan kita untuk semakin memahami pentingnya pengetahuan, itulah dasar dari para orang tua di habeahan yang lampau mendirikan sekolah di tahun 1975 tepat di depan Gereja. Partangiangan mangido habisuhon dan parbinotoan dari Tuhan Allah dilakukan pada tahun 1976, mulai sejak itu bertambah-tambahnya “angka parsingkola” dari desa Habeahan ini dan bahkan Huria Habeahan telah memberangkatkan seorang putra daerahnya untuk menjadi seorang Pendeta, yaitu Pendeta Agus Manullang, terang pengkhotbah.


Rasa syukur atas Jubileum ke 50 tahun HKBP Habeahan juga dirasakan seluruh Jemaat HKBP yang ada di Distrik III Humbang terlebih lagi Distrik XVI Humbang Habinsaran. Hal itu terlihat dari kehadiran jemaat dan para pelayan HKBP yang berada di kefua distrik tetsebut. Huria yang hadir dalam Pesta Jubileum tersebut antara lain : HKBP Sabungan Siborong borong, sabungan Lintongnihuta, HKBP Sibuntuon, HKBP Paranginan, HKBP Nagasaribu, HKBP Marturia, HKBPSigumpar, HKBP Hutaginjang, HKBP Hutaginjang dan HKBP Parulohan, juga para Pendeta yang melayani di HKBP Distrik XVI Humbag Habinsaran.

Pesta Jubileum ini juga dihadiri oleh anak rantau dari Huria Habeahan, Pimpinanpemerintahab daerah juga mantan Bupati Humbang bapak Maddin Sihombing. Dalam kata sambutan dari bapak Bupati yang di wakilkan oleh camat Lintongnihuta, ia menyampaikan kiranya Huria yang telah di bangun dan telah menciptakan banyak orang-orang hebat serta memajukan desa ini tetap kita bangun agar kebutuhan rohani di Heabeahan tidak menjadi berkurang. Sedangkan Bapak Maddin Sihombing yang didaulat menjadi penasehat menyampaikan “sada ma hita di parhuriaon nang di hangoluan, tongtong ma hitamarsiurupan.

Bersama dengan Bapak Praeses HKBP Distrik XVI Humbang Habinsaran dan Bapak Pendeta HKBP Resort Parulian, Kepala Departemen Koinonia menyampaikan berbahagialah orang yang benar-benar hidup di dalamNya, dan yang menghandalkan Tuhan dalam setiap langkah hidupnya. Tapanuli merupakan bonanibaritanauli, maka harus kita perlihatkan sebagaimana seharusnya sebagai bona. Pertaruhkanlah apa yang ada ada kita untuk pendidikan, kebutuhan gizi bagi keluarga seperti missi awal gereja kita juga turut bersosial (berdiakonia). Tuhanlah yang menyertai kita semua, tutup Kadep Koinonia HKBP.

Rasa syukur atas Jubileum Ke 50 tahun sangat dirasakan oleh seluruh parhalado dan jemaat HKBP Habeahan, terlebih lagi Peribadahan dan puncak Jubileum dapat dipimpin oleh Pimpinan HKBP, terang para Parhalado Habeahan.

Keakraban dan kebersamaan jemaat HKBP habeahan dengan Bapak Pdt. Martongo Sitinjak sangatlah dekat di dalam Jubileum ini, terlebih lagi bagi anak-anak sekolah minggu HKBP Habeahan. Berat bagi mereka untuk meninggalkan kebersamaan dengan Pimpinan HKBP itu, terlihat dari ramainya anak Sekolah Minggu menghantarkan Bapak Martongo Sitinjak sampai kedalam mobil untuk meninggalkan acara tersebut. (RH)













comments

Leave a Reply