"Dibahen i, ndang marnaloja hami; ai lam tu burukna pe hajolmaonnami parduru i, anggo parbagasan i ariari do dipaimbaru.

Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari."

2 Korint 4:16

Ibadah Minggu 2022, HKBP Bethesda Sitakka Resort Pearaja, Tapanuli Utara

Tapanuli Utara, hkbp.or.id - HKBP Bethesda Sitakka Resort Pearaja- Tapanuli Utara mengadakan ibadah Minggu (02/01/2022).

Gereja HKBP Bethesda Sitakka adalah satu-satunya pagaran dari Resort HKBP Pearaja, terletak di Dusun Bonandolok - Desa aek Siansimun. Gereja ini beranggotakan 56 Kepala Keluarga dan dilayani oleh 5 Sintua, 2 Calon Sintua, dan seorang Calon Pendeta. 


Ibadah Minggu dilayani oleh St. S. M. Silalahi sebagai Liturgis, C.St. Raja Pasaribu sebagai pembaca warta, C.Pdt. Haposan Sinaga serta Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan sebagai Pengkhotbah. Ayat khotbah berdasar kepada teks Mazmur 147: 12-20, sesuai Almanak HKBP.


Dalam khotbahnya, Pdt. Tinambunan menyampaikan "Allah berjanji bahwa Ia senantiasa menyertai bangsa pilihanNya tersebut dari masa ke masa. Sekalipun bangsa Israel hilang harapan pada masa pembuangan di Babel, Allah menjanjikan kabar sukacita pengharapan akan pembebasan. Allah membebaskan mereka keluar dari tanah pembuangan, dan senantiasa memberkati dan menyertai hingga pada keturunan-keturunannya. 

Ia menerangkan, "Allah kita ialah Allah yang menyertai, Allah yang memberkati, Allah yang mengasihi, Allah yang mencukupkan segala kebutuhan umatNya."

Dalam nats ini juga ditampilkan Allah yang memberkati umatnya Israel, agar umatNya bisa bersama merasakan kasih penyertaan Allah, merasakan berkat dari Allah. Begitu juga dengan kita, supaya setiap kita, orang-orang percaya, merasakan kebesaran kasih penyertaan Allah. 

Kepada jemaat HKBP Bethesda Sitakka, Pdt. Tinambunan mengatakan, bahwa "Tentu kasih penyertaan Allah pun sampai pada kita, umat Allah di tempat ini. Allah memberkati setiap anak-cucu/keturunan dari kampung ini sehingga ada peningkatan taraf hidup di kampung ini."

“Allah yang memberkati umat Israel dahulu, adalah Allah juga yang sama yang memberkati kita, jemaat HKBP Bethesda Sitakka, sampai saat ini. Kasih penyertaan Tuhan telah berlaku sejak dahulu, hingga bagi hidup kita saat ini, bahkan sampai di waktu yang akan datang," pungkasnya

"Maka, selamat mensyukuri kasih penyertaan Tuhan yang senantiasa melingkupi kehidupan kita, dan selamat berpengaharapan menapaki Tahun Baru 2022 ini. Tuhan memampukan kita semua", ujarnya. 

Seusai ibadah, Pdt. Tinambunan berfoto dengan para Parhalado juga jemaat HKBP Bethesda Sitakka sebagai kenang-kenangan akan kunjungan pastoral pimpinan HKBP ke gereja mereka, HKBP Bethesda Sitakka Resort Pearaja, Tapanuli Utara.



SKS-JHB

Pustaka Digital