"Dibahen i, ndang marnaloja hami; ai lam tu burukna pe hajolmaonnami parduru i, anggo parbagasan i ariari do dipaimbaru.

Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari."

2 Korint 4:16

Ibadah Minggu di HKBP Simorangkir

Tarutung (11/7/2021), Kepala Departemen Diakonia HKBP, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th sampaikan Firman Tuhan di ibadah Minggu HKBP Simorangkir, Distrik II Silindung Kab. Tapanuli Utara, Prov. Sumatera Utara.


Firman Tuhan yang disampaikan oleh pengkotbah, Pdt. Debora Purada Sinaga  melalui Kitab Amos 7 : 10 - 17 menyampaikan bahwa Tuhan menentang kemunafikan, terlihat kudus tetapi hidupnya melakukan penindas  kepada yang lain. Kerap terjadi penindasan dari atasan kepada bawahannya. Oleh karena itu, sebagai orang yang percaya kepada Kristus, kita dipakai Tuhan berani mengatakan yang benar. Pengkhotbah juga menyampaikan perjuangan HKBP untuk menyelesaikan masalah dana pensiun dan serius melaksanakan sentralisasi pengajian pelayan HKBP dimana pun berada. 


HKBP Simorangkir yang berjumlah 272 Kepala Keluarga dan 1032 orang jemaat dilayani oleh Pendeta Ressort, Pdt. Juanda Simanjuntak, S.Th. Bibelvrouw, Biv. Herlina Sihotang dan Penatua 12 orang yang melayani di bagi 8 lingkungan. 


Ibadah Minggu dilaksanakan dua kali pada pukul 09:00 WIB dan Pukul 10:30 WIB dengan tetap mentaati protokol kesehatan. Memberlakukan wajib memakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan tersedianya handsanitizer. 


Liturgis pada pukul 09:00 WIB dibawakan oleh Pdt. Juanda Simanjuntak. Pembaca warta jemaat dan doa syafaat, St. Rimson Sibuea. Pengumpul Persembahan, St. Roma Tarihoran, St. Mangatur Hutabarat, St. Romson Sipahutar dan St. Julenta Sitorus. Pemain musik Josua Simorangkir dan songlider dari tim yang telah dihunjuk.


Dalam ibadah turut berkumandang koor dari Kelompok Pemuda Gereja (NHKBP) dengan merdu mengumandangkan lagu "Pertolongan kita hanya di dalam nama Tuhan". 

Liturgis pada pukul 10:30 WIB dibawakan oleh Diak. Lamrumenta Simorangkir, Pembaca warta jemaat dan doa syafaat, St. Mangatur Hutabarat. Pengumpul Persembahan, St. Toni S, St. Roma Tarihoran, St. Romson Sibuea, St. Julenta Sitorua. Pemain musik Daniel Pasaribu dan songlider dari beberapa tim ibu yang telah dihunjuk.


Dalam ibadah turut berkumandang koor dari Ina Glory menyanyikan lagu Lembah tenang Mendayung di dalam Ombak selepas pantai, tenang - tenang merenung di taupan hidup yang ramai. Koor Bapak, lagunya Saleleng di hasiangan on, ragam do ragam do sibolushon i, ingkon bolusan ta do sude, las ni roha dohot las ni roha.( selama hidup di dunia ini, beragam yang harus kita hadapi baik suka maupun duka). 


Setelah selesai ibadah dilanjutkan dengan ramah tamah dan bimbingan dari Kepala Departemen Diakonia kepada parhalado di rumah dinas Pendeta Resort HKBP Simorangkir. (SKD-DAT)

Pustaka Digital