"Antong bolongkon hamu ma nasa hajahaton dohot nasa angkal dohot pangiburuon nang panihaion.

Karena itu buanglah segala kejahatan, segala tipu muslihat dan segala macam kemunafikan, kedengkian dan fitnah."

1 Petrus 2:1

Ibadah Minggu HKBP Pematang Bandar

Pematang Bandar, (18/7/2021) Kepala Departemen Diakonia HKBP, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th layani ibadah Minggu di HKBP Resort Pematang Bandar, Distrik V Sumatera Utara, Jl. Gereja No.47 Pematang Bandar, Kab. Simalungun, Propinsi Sumatera Utara.


Lewat ibadah Minggu di Minggu VII Setelah Trinitatis, Pdt. Debora Purada Sinaga menyapa  58  orang anak sekolah Minggu dan 3 orang Guru Sekolah Minggu. Kemudian jemaat dan pelayan di ibadah yang masuk  pada pukul 8:00 WIB yang dihadiri sekitar 200 orang dan pukul 10:00 WIB yang dihadiri orang 450 orang.


Pada ibadah pukul 8:00 WIB sebagai liturgis St. D. Manalu, membacakan warta jemaat dan pembawa doa syafaat St. RD. Nababan, pengumpul persembahan St. Riduan Nababan, C. St. Renatuli Panjaitan dan , C. St. Hisar Sitorus. Pemain musik, Shinta. Dan pemuda pemudi melantunkan lagu pujian dengan lagu _Ku Berbahagia yakin Penuh_ 

Ibadah masuk pukul 10:00 WIB sebagai liturgis, St. R.Nababan, pembaca warta jemaat St. G. Sinaga dan yang membawa doa syafaat, St. Emita Manik. Pengumpul persembahan St. Rupat Nababan,  Endang Simamora, A. Hutagaol dan pemain musik Pdt. M. Hasibuan. 


Pesan Kotbah oleh Pdt. Debora Purada Sinaga disampaikan bahwa kita yang hidup di tengah kehidupan keberagamaan atau pluralis. Kita hidup saling menghormati dan tidak boleh saling menyakiti antara seorang dengan yang lain. Sebab aset membangun adalah kesatuan hati dan hati yang damai sehingga tidak ada jurang pemisah antara satu dengan yang lain. Dalam renungan, pengkhotbah juga mengingatkan jemaat untuk mentaati protokol kesehatan, agar tetap memakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan sebagai usaha untuk melindungi diri dari virus Corona.


Pengkhotbah menyampaikan juga usaha perjuangan HKBP untuk bersama menyelesaikan masalah dana pensiun melalui gerakan yang dilakukan oleh gereja HKBP. Dan Usaha pelaksanaan sentralisasi perbelanjaan pelayan dan akan dilaunching pada tahun 2022. 

HKBP Bandar statistik jemaatnya berjumlah 412 kepala keluarga dan 1.833 orang (314 bapak, 412 ibu, pemuda 348 orang, pemudi 321 orang, anak laki-laki 207 orang dan anak perempuan 231 orang. Dilayani oleh Pendeta Resort, Pdt. Remanto Tumanggor, M.Th, Pdt. Marbun Hasibuan dan 15 Sintua dan 4 calon sintua melayani di 9 lingkungan. 


Kepala Departemen Diakonia HKBP selesai ibadah memberikan bimbingan motivasi kepada pelayan di ruang konsistori HKBP Pematang Bandar bagaimana menyelesaikan masalah yang  dilaksanakan berdasarkan strukturnya karena masing-masing memiliki tugas.

Ditengah meningkatnya yang positif Covid, Kepala Departemen Diakonia tetap mengingatkan pelayan untuk mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan bersih, jaga jarak dan jangan stres. 

Di tahun pemberdayaan kondisi keuangan kantor pusat untuk biaya program tidak ada maka segala upaya melaksanakan kegiatan pemberdayaan. Kemudian acara ramah tamah ditutup dengan doa dari Kepala Departemen Diakonia HKBP. (SKD-DAT)