"Manang ise na mangarupa halak na parir, mangaleai Sitompa ibana do; alai manang ise na pasangap Ibana, asi do rohana mida na pogos.

Siapa menindas orang yang lemah, menghina Penciptanya, tetapi siapa menaruh belas kasihan kepada orang miskin, memuliakan Dia."

Poda 14:31

Ibadah Minggu I Epifani, Sekjend HKBP: Kemuliaan Milik Tuhan, Damai Sejahtera di Bumi

PANGALOAN, hkbp.or.id - Menyampaikan Firman Tuhan di HKBP Resort Pangaloan, Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan mengajak seluruh jemaat untuk memuliakan Allah saja karena hanya Allah yang patut dimuliakan (9/1/2022).


Khotbah yang disampaikan oleh Pdt. Tinambunan berdasar kepada Injil Lukas 3:15-17, 21-22 tentang Yohanes Pembaptis dan Baptisan Yesus.


Dalam khotbahnya Pdt. Tinambunan menyampaikan tentang sikap Yohanes Pembaptis yang tidak memanfaatkan kesempatan untuk mengambil kemuliaan milik Tuhan.

"Yohanes mengenal Tuhan sehingga dia mampu mengenal dirinya sendiri. Yohanes tidak mengambil kemuliaan Mesias supaya seluruh umat tertuju kepada Mesias," terangnya.

Keinginan untuk dimuliakan oleh sesama manusia kerap menjadi penyebab persoalan dalam hidup orang Kristen. Mengantisipasi hal tersebut, Pdt. Tinambunan menekankan agar seluruh orang Kristen memuliakan Allah saja dalam kehidupannya sehingga seluruh kehidupan tertuju kepada Allah.

"Orang Kristen mengembalikan kemuliaan kepada Allah pemilik Kemuliaan itu sendiri, sehingga seluruh pandangan dunia tertuju kepada Tuhan Yesus Kristus melalui kehidupan orang Kristen," terang Pdt. Tinambunan.


Menutup khotbahnya, Pdt. Tinambunan mendorong seluruh umat untuk saling mengajak mengamalkan nilai-nilai kristiani, mulai dari rumah dengan mengutamakan hidup doa dan membaca Firman Tuhan.

Seusai ibadah, seluruh jemaat mendengarkan berita terbaru tentang HKBP langsung dari Sekretaris Jenderal.

SKS-NS



Pustaka Digital