"Minggu XVI Dung Trinitatis
Topik: NDANG MARPANSOHOTAN ASI NI ROHA NI TUHAN I (TAK BERKESUDAHAN KASIH SETIA TUHAN)"

Ev: Andung 3:19-26/Ep: 2 Timoteus 1: 1 - 14

Ibadah Pembukaan RPH HKBP 2021

Hari ini, Selasa 26 Oktober 2021 bertempat di Auditorium Seminari Sipoholon, Rapat Pendeta Hatopan HKBP 2021 resmi dibuka oleh Ompu i Ephorus sekaligus sebagai Ketua Rapat Pendeta, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar. Rapat Pendeta Hatopan tahun ini mengusung tema: Sungguh Tuhan itu Keselamatan, Kekuatan dan Mazmurku, Aku Percaya tanpa Gemetar (Yesaya 12:2). Adapun sub tema yakni: Pendeta HKBP bersama Bergantung pada Tuhan dan Saling Membantu pada Masa Covid-19. Dalam naungan tema tersebut, tahun ini hendak mengajak para Pendeta HKBP untuk menggantungkan imannya pada kuasa dan hikmat Allah, bukan manusia. Ibadah pembukaan dilayankan oleh Praeses HKBP Distrik IX Sibolga, Pdt. Donda Simanjuntak, S.Th (Pengkhotbah), Praeses HKBP Distrik II Silindung, Pdt. Hasudungan Manalu, S. Th (Liturgis 1) Praeses HKBP Distrik III Humbang, Pdt. Daminna Lumbansiantar, S.Th (Liturgis 2), Praeses HKBP Distrik VII Samosir, Pdt. Rein Justin Gultom, M.Th (Pendoa Syafaat). Dalam ibadah pembukaan Rapat Pendeta ini juga turut melayankan Sakramen Perjamuan Kudus di masing-masing titik. Di titik utama, Sakramen dilayankan oleh Praeses HKBP Distrik XI Toba Hasundutan, Pdt. Same Siahaan.



Pdt. Donda Simanjuntak melalui khotbahnya hari ini yang tertulis dalam Yesaya 12 :2, menekankan agar semua Pendeta HKBP meyakini bahwa hanya di dalam Tuhan sajalah keselamatan, kekuatan, dan kelepasan. Dengan demikian, iman kita dapat semakin bertumbuh. Oleh karena itu Pendeta HKBP sebagai pelayan Tuhan tidak perlu takut dalam menjalani pelayanan di tengah-tengah gereja. Tetap optimis dan yakin untuk menerima rencana Allah dalam hidup. Lebih lanjut, beliau juga mengajak agar semua Pendeta HKBP dapat menjadi sumber mata air, bukan sumber air mata di tengah-tengah jemaat yang dilayani.



Dalam ibadah pembukaan Rapat Pendeta Hatopan, turut serta menyampaikan sambutan secara virtual, Bupati Tapanuli Utara, Drs. Nikson Nababan. Beliau juga menyampaikan harapan terhadap dukungan dan kerjasama dari HKBP dalam peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Sekiranya HKBP dan Pemerintah setempat dapat menjadikan Tapanuli Utara sebagai lumbung SDM, dengan berdirinya Universitas yang bersifat umum.


Ketua Persekutuan Gereja Indonesia (PGI), Pdt. Gomar Gultom, M.Th, mengapresiasi pelaksanaan Rapat Pendeta Hatopan HKBP 2021. Beliau menyampaikan secara virtual, pujian, ucapan syukur, serta harapan-harapan bagi gereja anggota PGI di masa mendatang. Menurutnya, gereja merupakan garda terdepan dalam pemutusan penyebaran Covid-19. Banyak hal yang perlu dibahas dalam pertemuan Rapat Pendeta ini, seperti masalah lingkungan, teologi dan khususnya transformasi digital.



Rapat Pendeta Hatopan 2021, sebagaimana diamanatkan dalam Aturan Peraturan HKBP 2002 Amandemen Ketiga, membahas agenda rapat sebagai berikut: Pembahasan Ceramah Tema dan Sub Tema, Materi Tambahan: Bagaimana HKBP Menyikapi Covid-19, Laporan Ketua Rapat Pendeta HKBP, Pemuncak Tumpak Liat Pendeta HKBP, Informasi dari Komisi Teologi dan Sub Komisi Liturgi HKBP, Perkenalan Pendeta HKBP yang ditahbis sejak 2019-2021, serta Pemilihan dan Pelantikan Ketua Rapat Pendeta HKBP Periode 2021-2025.

Pustaka Digital