Ibadah Raya Tahun Pekabaran Injil HKBP di Sipirok, Tapanuli Selatan

Diterangi terang tema Reposisi Pekabaran Injil (Ibrani 1:1-3) pada Minggu (5/1) bertempat di HKBP Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan. Ribuan jemaat HKBP beramai-ramai menghadiri Ibadah Raya Pekabaran Injil HKBP. Ibadah raya ini merupakan program pertama dalam orientasi pelayanan HKBP tahun 2020 yaitu Tahun Pekabaran Injil HKBP. Acara diawali prosesi pada pukul 09.00 WIB, prosesi yang dimulai dari alun-alun kota Sipirok menuju komplek gereja HKBP Sipirok yang turut dihadiri para jemaat HKBP, para pelayan fulltimer HKBP dan para Pimpinan HKBP, dan juga para undangan dari perwakilan Pemerintah.

Setibanya arak-arakan prosesi di komplek gereja HKBP Sipirok, kemudian dilanjutkan dengan Ibadah Raya yang dilayankan oleh para Pimpinan HKBP, Pdt Debora Sinaga MTh dan Pdt Dr Anna Vera Pangaribuan sebagai liturgis. Pdt David Farel Sibuea MTh, DMin sebagai pendoa syafaat. Dan Ompui Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbantobing sebagai pengkotbah. Dalam khotbahnya Ompu i Ephorus mengajak seluruj yang hadir dalam ibadah raya untuk menjadi pribadi yang missionar, yaitu pribadi yang bukan hanya merasa puas atatu cukup apa bila kita sudah dibaptis dan namanya tertulis dalam kerajaan Allah, namun haruslah menjadi pribadi yang missionar karena Tuhan Yesus meminta kita bukan hanya sebagai penerima kabar keselamatan tetapi Tuhan Yesus meminta kita untuk turut berperan dalam mengabarkan kabar keselamatan itu melalui sikap, perkataan dan perbuatan kita, sehingga kita bisa melaksanakan dan menghidupi apa yang diminta Tuhan Yesus kepada kita untuk memberitakan kabar keselamatan ke dunia ini. Dan apabila kita setia melakukan dan menghidupi kabar keselamatan itu seumur hidup kita, Tuhan memberikan jaminan kepada kita dimana nama kita tidak akan dihapus dari penghuni Kerajaan Allah dan Tuhan juga senantiasa menyertai kita untuk meberitakan Injil ke seluruh dunia sampai akhir zaman. Dalam ibadah turut juga para jemaat undangan yang berasal dari luar Sipirok mempersembahkan kidung pujian seperti dari HKBP Ressort Dame-Saitnihuta Distrik 2 Silindung, dan juga dari HKBP Distrik X Medan Aceh.


Seusai ibadah selesai, dilanjutkan dengan makan bersama dengan seluruh jemaat dan para undangan yang hadir dalam ibadah raya. Ada hal yang istimewa dalam ibadah raya Pekabaran Injil ini, yaitu hadirnya Menteri Sosial Republik Indonesia Juliari Peter Batubara, dan juga penandatanganan kesepahaman (MoU) mengenai ketenagakerjaan dengan lembaga ISS yang diwakilkan oleh bapak Harinuan Dongoran. Kedatangan Menteri Sosial RI bapak Juliari Batubara disambut dengan para Pimpinan HKBP dan melaksanakan pelepasan balon dan burung merpati, dilanjutkan dengan penanaman pohon di komplek HKBP Sipirok. Kemudian acara berlanjut ke kata-kata sambutan yang disampaikan oleh pertama dari panitia ibadah raya Pekabaran Injil HKBP, Tokoh Adat Sipirok Raja Panusunan Bulung Haruaya Msrdomu bulung napanapa ni sibualbuali yang diwakilkan oleh Raja Tengger Siregar, Bupati Tapanuli Selatan bapak H Syahrul Martua Pasaribu, SH, kemudian dilanjutkan dengan arahan dan kata sambutan dari Menteri Sosial RI bapak Juliari Batubara, dan diakhiri dengan bimbingan pastoral dari Ompu i Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbantobing.

Sukacita ibadah raya Pekabaran Injil dilanjutkan dengan acara mangulosi para undangan yang hadir dalam rangka pengadaan dana untuk program orientasi pelayan HKBP tahun 2020 yaitu tahun Pekabaran Injil. Ibadah raya Pekabaran Injil diakhiri dengan ucapan terima kasih dari panitia ibadah raya dan ditutup dengan nyanyian dan doa yang dipimpin oleh para Pimpinan HKBP.






















comments

  • Riasun Harianja

    Peristiwa yang bersejarah ini, dapat kita rasakan sebagai moment penting buat kekristenan yang berawal di TANO BATAK kepada BANGSO BATAK, New Movement Evanggelical sebagai In missiologi. Sukses pada Orientasi Tahun Sending HKBP 2020.

Leave a Reply