"Jadi diboto saluhut halak Jahudi ma i ro di halak Gorik na maringanan di huta Epesus, gabe songgop ma biar tu rohanasida saluhut, jadi tongam ma goar ni Tuhan Jesus.

Hal itu diketahui oleh seluruh penduduk Efesus, baik orang Jahudi maupun orang Yunani, maka ketakutanlah mereka semua dan makin masyurlah nama Tuhan Yesus."

Ulaon ni apostel 19: 17

Ibadah Syukur Awal Tahun Kantor Pusat HKBP 2019

“...Ia taon pelayanan 2019 on, i ma taon ulaon parasinirohaon,” kata Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbantobing dalam peluncuran perdana program pelayanan HKBP 2019 di Ibadah Syukur Awal Tahun Kantor Pusat HKBP 2019 pada Jumat (4/1) di halaman rumah dinas Ephorus HKBP. Sepenggal ucapan Ephorus di atas dapat diterjemahkan bahwa tahun pelayanan pada 2019 ini, yaitu tahun pelayanan diakonia. Program pelayanan HKBP 2019 ini sekaligus menjadi tema ibadah ini, yakni Patupaon Ulaon Parasinirohaon tu Angka na Pogos (Melakukan Pelayanan Diakonia Sosial kepada Orang Miskin).

Ibadah syukur ini dihadiri lebih dari 1300 orang, mulai dari warga jemaat, pangaranto (anak rantau), para pelayan HKBP dan beberapa pimpinan distrik (praeses). Turut hadir Pimpinan HKBP Sekretaris Jenderal Pdt David Sibuea MTh DMin dan istri, Kepala Departemen Koinonia Pdt Dr Martongo Sitinjak dan istri, Kadep Marturia Pdt Dr Anna Pangaribuan dan suami, serta Kadep Diakonia Pdt Debora Sinaga MTh.

[caption id="attachment_9698" align="alignnone" width="640"] Pimpinan HKBP berfoto bersama seusai Ephorus meluncurkan logo orientasi program pelayanan HKBP 2019[/caption]

Begitu juga dengan tamu undangan, Wakil Walikota Sibolga Edi Polo Sitanggang SPi, Kapolres Tapanuli Utara AKBP Horas Silaen MSi, Dandim 0210 Tapanuli Utara Letkol Inf Rico J Siagian, Pdt Dr SAE Nababan LLD beserta istri, Pdt Willem TP Simarmata MA beserta istri, tokoh masyarakat Dr Sihar Sitorus beserta istri, Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia Pdt Gomar Gultom MTh.

Sebelum peluncuran perdana program pelayanan HKBP 2019, Ephorus menjelaskan program pelayanan HKBP sejak 2018 – 2020. Latar belakang teologis orientasi program pelayanan tahun ini diambil dari Injil Lukas 4: 16 – 21. Ephorus menerangkan, pelayanan ini disebut rahmat Tuhan sebab diawali dengan kemurahan Tuhan, dan kasihNya yang besar kepada manusia, mengutus Anaknya Yesus Kristus ke dalam dunia untuk memberikan keselamatan.

Program pelayanan ini merupakan bagian dari revitalisasi pelayanan HKBP. Pada 2019 ini diharapkan pelayanan HKBP semakin meningkat di tengah-tengah jemaat Tuhan. Ephorus mengimbau kepada setiap pelayan untuk menerjemahkan program pelayanan secara konkret pelaksanaannya di tingkat distrik, ressort dan jemaat. Artinya, tidak hanya sebatas formalitas peluncuran di Kantor Pusat HKBP, tetapi juga menjadi tindakan nyata di dalam pelayanan gereja terhadap warga jemaat.

Seusai ibadah, Ephorus dan Ompuboru M Siahaan mengucapkan terima kasih atas partisipasi warga jemaat yang turut menyumbangkan tenaga dan materi untuk acara ini. Berbagai hadiah dan bingkisan diberikan kepada beberapa warga jemaat yang membutuhkan dan anak-anak sekolah minggu.

Selain itu, pemenang sayembara lomba cipta lagu dan logo orientasi pelayanan HKBP 2019 juga diundang untuk menerima penghargaan atas karya asli Pdt Puji Aritonang MTh yang menciptakan logo dan Pdt Miduk Sirait STh yang menciptakan lagu.

[caption id="attachment_9702" align="alignnone" width="640"] Pimpinan HKBP memberikan penghargaan kepada pemenang lomba cipta lagu dan logo orientasi program pelayanan HKBP 2019[/caption]

Pada akhir acara, panitia mengundi nomor-nomor doorprize yang telah dibagikan pada awal sebelum ibadah.

Ibadah ini dilayani oleh Praeses HKBP Distrik III Humbang Pdt Renova Sitorus STh sebagai litugis dan Praeses HKBP Distrik XVIII Jabartengdiy Pdt Dannerd W Siregar MA sebagai pengkhotbah. // Biro Informasi - DM

 

 

 

comments

Leave a Reply