Ibadah Syukur Topping Off (Manarup) Sopo Nommensen

Pu ji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan yang Maha Kasih dan Maha Penyayang yang selalu menyertai dan memberkati HKBP hingga saat ini, terkhusus untuk pembangunan Sopo Nommensen. Progres pembangunan Sopo Nommensen saat ini secara keseluruhan telah mencapai 56 % meliputi Struktur 5 lantai dan penutupan atap, serta pembuatan satu unit kamar sebagai mock up atau show unit.

Sebagai ungkapan rasa syukur atas pencapaian ini diadakan kebaktian syukur Topping Off pada Sabtu (4/5) bertempat di Kompleks Kantor Pusat HKBP Pearaja Tarutung. Acara syukuran Topping Off diawali dengan kebaktian yang dipimpin oleh Kepala Departemen Koinonia Pdt Dr Martongo Sitinjak sebagai pembawa Firman Tuhan, Pdt David Silaban STh (Kabiro Ibadah) sebagai Liturgis dan Praeses HKBP Distrik I Tabagsel Sumbar Pdt Horas YM Purba MTh sebagai pendoa syafaat.

Dalam kotbanhya yang dikutip dari Mazmur 127:1, Pdt Dr Martongo Sitinjak menyampaikan bahwa membangun rumah merupakan satu kebutuhan dasar manusia. Walau di zaman sekarang ini karena kemajuan zaman tidak lagi dibutuhkan membangun rumah karena bisa menyewa rumah. "Dulu, membangun rumah sangat penting agar bisa tinggal bersama dengan anak-anak, dengan keluarga dan saudara-saudaranya. Bagi orang Batak, tidak hanya rumahnya dibangun tetapi juga rumah anaknya karena sayangnya kepada anaknya. Ada juga orang yang membangun rumah komunitas (parsaktian) sebagai tempat berkumpul keluarga dalam acara-acara adat. Akan tetapi yang kita bangun adalah bukan milik publik, bukan milik perorangan bukan untuk diwariskan kepada perorangan tetapi adalah milik Tuhan. Bangunan ini akan dipakai orang banyak untuk memuji Tuhan. Kalaupun Sopo Nommensen ini dibangun adalah hanya untuk Tuhan dan Tuhan yang berkuasa atas tempat ini. Sehingga kita yang ada di tempat ini dapat bersukacita dan terberkati. Buat para donatur, mereka terikat dengan berkat Tuhan dan menambah kedekatan, ketaatan dengan Tuhan. Kita mengenang perjuangan Nommensen yang sudah menjadika kita menjadi berkualitas, menjadi orang yang sehat, menjadikan kita orang yang berbelaskasihan. Untuk mengenang itulah bangunan ini dinamakan Sopo Nommensen. Sopo Nommensen ini adalah tempat berlindung, tempat bernaung. Tuhan berada di dalam diri panitia, di dalam diri donatur, dalam diri pimpinan, dalam diri para pekerja dan dan dalam diri kita semua".

Acara syukuran ini dihadiri oleh Pimpinan HKBP, Panitia Pembangunan Sopo Nommensen, Penasehat Pembangunan Sopo Nommensen, Donatur, Direktur PT Wika Pencetak Gedung, Kapolres Taput, Mewakili Dandim Tapanuli Utara, Pemerintahan Toba,  Praeses wilayah Tapanuli Raya, Staf/Pegawai Kantor Pusat HKBP, Jemaat HKBP Pearaja dan para pekerja. Tuhan memberkati pembangunan Sopo Nommensen.

 

comments

Leave a Reply