"Martua ma sibahen dame, ai goaron do nasida anak ni Debata!

Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah."

Mateus 5:9

Jadi Destinasi Super Prioritas, Ephorus: Gereja Harus Bersih & Indah


Sabtu, 21 Agustus 2021 | 08.30-10.30

------------------------------

Samosir, HKBP.or.id - Ephorus HKBP memberikan perhatian khusus kepada gereja-gereja di Negeri Indah Kepingan Sorga, Pulau Samosir. Hari ini beliau menyampaikan apresiasi kepada 15 gereja terbersih dan terindah se-HKBP Distrik Samosir. 

Serius sejak awal pelayanannya, Ephorus membangun kerja sama dengan instansi terkait termasuk gereja Bali yang sudah lebih piawai dalam pemberdayaan jemaat di sektor pariwisata. Ephorus pun tancap gas sejak Februari 2021 sejak ditetapkannya Danau Toba sebagai Destinasi Super Prioritas oleh Pemerintah. 


Dengan melihat potensi ekonomi yang sangat besar dan dampak positif bagi jemaat HKBP, Ephorus pun berpesan “Gereja masa kini harus ramah pariwisata. Maka Gereja harus bersih & Indah. Harapannya warga kita bisa meneladaninya.” 

Sebelumnya, pada  25 Mei 2021 Ephorus telah mengirimkan surat pastoral ke gereja-gereja sekitar Danau Toba untuk menjaga kebersihan dan keindahan gereja sehingga diharapkan para warga bisa meneladaninya.


Praeses HKBP Distrik VII Samosir, Pdt. Rein Justin Gultom bersama pelayan penuh waktu di Distrik Samosir mengejawantahkan surat pastoral tersebut dengan mengadakan perlombaan kebersihan Gereja sejak 23  Juni 2021 hingga 21 Agustus 2021. Dari 114 gereja yang mengikuti perlombaan tersebut, 15 gereja  terpilih sebagai pemenang terbersih dan terindah.


Tak hanya itu, sadar akan potensi pariwisata Samosir yang akan 'to the moon',  HKBP Distrik VII Samosir juga membangun Badan Usaha UMKM di Pargodungan Distrik. Di sana akan dikembangkan Cafe and Resto, Usaha Bersama, Galleri, Amphitheater dan rumah doa, serta integrated farming dengan total biaya Rp1,5 miliar. Pembangunan ini bertujuan untuk memberdayakan ekonomi rakyat yang masih hidup miskin (15.000 orang di Samosir) lewat pelatihan dan pemasaran.

“Kegiatan yang genius ini layak ditiru oleh distrik lainnya di sekitar Danau Toba,” pungkasnya. (SKE_JFS)


Kejuaraan Lomba Kebersihan Lingkungan Gereja di Tengah Pariwisata Samosir

01) Juara 1: HKBP Hatoguan (Ressort Palipi)

02) Juara 2: HKBP Ebenezer (Ressort Ebenezer)

03) Juara 3: HKBP Lumbansuhi (Ressort Lumbansuhi)

04) Harapan 1: HKBP Tuktuk (Ressort Ambarita)

05) Harapan 2: HKBP Parmonangan (Ressort Onan Baru)

06) Harapan 3: HKBP Parbaba (Ressort Parbaba)

07) Kebersihan: HKBP Harian

08) Kerapihan: HKBP Onan Baru

09) Keasrian: HKBP Ambarita

10) Keindahan: HKBP Pangururan Kota

11) Strategis Pariwisata: HKBP Bolon Pangururan

12) Tersejuk: HKBP Sabulan (Ressort Palipi)

13) Kamar Mandi Terunik: HKBP Simanindo

14) Taman Terbaik: HKBP Tomok

15) Ternyaman: HKBP Pardomuan Siputar (Ressort Onanrunggu)








Pustaka Digital