Jalan terus! Rapat Pendeta Distrik 8 DKI Jakarta Raya Berlangsung Virtual

HKBP.or.id - Lonjakan kasus Covid-19 dan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tak menyurutkan semangat  para Pendeta yang melayani di Distrik VIII Jakarta untuk melakukan kegiatan Rapat Pendeta Tingkat Distrik. 


Mulanya, Rapat Pendeta Se-Distrik Jakarta akan diadakan secara on site  pada 21-23 Juli 2021. Namun, situasi pandemi Covid-19 di Jawa-Bali yang makin mengkhawatirkan sehingga pemerintah menerapkan PPKM Darurat Jawa-Bali.


Praeses DKI, Pdt. Bernat Manik, M.Th dan para pendeta pun sempat bergumul terkait kebijakan ini, hingga akhirnya diputuskan rapat Pendeta terus berjalan dan  dilangsungkan secara virtual  di rumah masing-masing, sementara Praeses dan beberapa panitia  berada di Sopo Marpingkir. Keputusan mengubah rapat yang bersifat onsite menjadi online atau virtual, sekaligus menjadi upaya para pendeta HKBP se-DKI mendukung program pemerintah untuk menekan angka penyebaran pandemic Covid-19.


Sebelum distrik ini, sudah berlangsung 10 rapat pendeta distrik lainnya, menyongsong Rapat Pendeta Hatopan yang akan digelar pada Oktober 2021.

Rapat Pendeta tahun 2021 kali ini mengusung tema “SUNGGUH TUHAN ITU KESELAMATANKU KARENA IA KEKUATAN DAN MAZMURKU, AKU PERCAYA DENGAN TIDAK GEMETAR”, yang digumuli dari teks Alkitab, Yesaya 12:2. Dengan Subtema: “Pendeta HKBP Bersama Bergantung pada Tuhan dan Saling Membantu pada Masa Covid-19”



Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar hadir menyampaikan ceramah dalam rapat ini sebagai Ketua Rapat Pendeta secara virtual dari Pearaja Tarutung. Ia mengajak sekaligus menggugah para peserta untuk tetap semangat dan terus berjuang dalam pelayanan di masa yang semakin sulit karena pandemi. Tidak hanya itu, ia juga mengajak 149 pendeta HKBP se-DKI untuk meneladani iman Yesaya, yang sanggup mengimani Tuhan sebagai keselamatan, kekuatan dan mazmurnya sehingga tidak gementar walau dalam kondisi super sulit.


Uniknya, rapat pendeta yang biasanya berlangsung onsite dan hanya diikuti oleh para pendeta, namun ketika dilaksanakan secara virtual, panitia sepakat menayangkannya juga secara live YouTube, sehingga warga jemaat juga bisa disegarkan serta diteguhkan dengan ceramah tersebut. Link ceramah oleh Ephorus  dapat diakses di channel youtube New Kairos TV Official, dengan judul Ceramah Ketua Rapat Pendeta/Ephorus HKBP Pdt Robinson Butarbutar. Atau dengan mengklik tautan berikut: Rapat Pendeta Distrik VIII DKI Jakarta (SKE_JFS)