Jelang Akhir Pembinaan LPP I, Kadep Koinonia Beri Arahan kepada Para Calon Pelayan

Di ruang menzah, kompleks Seminarium HKBP di Sipoholon, pada Kamis (4/7) Kadep Koinonia Pdt Martongo Sitinjak memberikan arahan dan bimbingan kepada para calon pelayan LPP I yang besok, Jumat (5/7) mengakhiri masa pembinaan pertama mereka dan mendapatkan surat pengutusan ke tempat pelayanan masing-masing


SIPOHOLON, TAPANULI UTARA – "Lakukan tugasmu sebagaimana yang menjadi tugasmu," kata Kepala Departemen Koinonia Pdt Dr Martongo Sitinjak kepada para calon pelayan Latihan Persiapan Pelayan Pertama (LPP I), Kamis (4/7), di Ruang Menzah, Kompleks Seminarium HKBP, Sipoholon. Di bawah koordinasi Biro Pembinaan dan Biro Personalia, 199 calon pelayan HKBP menjalani masa pembinaan ini selama 11 Juni – 5 Juli 2019.

Pdt Martongo berpesan, besok Jumat (5/7) mereka akan diutus ke tengah-tengah pelayanan. “Tidak ada yang sempurna kalau ia masih belajar dan calon pelayan,” ujarnya. Ia menambahkan supaya mereka jangan merasa kalau sudah melakukan yang terbaik, berhenti sampai di situ, tapi tetap melakukan yang terbaik.

“Kalau ada respons jemaat terhadapmu, biarkan respons itu berjalan. Jangan kamu hindari, sebab Tuhan Yesus pun demikian menanggapi respons masyarakat yang ada! Bahkan, sampai disalibkan,” paparnya.

Lebih lanjut, Pdt Martongo mengatakan perkembangan zaman ini semakin menunjukkan ke-aku-annya. “Aku yang benar, aku yang tahu, aku, aku dan aku,” ujarnya. Pada saat ini begitu banyak bermunculan orang yang merasa dirinya benar. Jangan sampai itu ada di dalam diri seorang pelayan dan calon pelayan.

Ia meminta kepada calon pelayan untuk melakukan tugas dan tanggung jawab seorang pelayan. “Orang yang tidak tahu apa yang harus dikerjakan, itu hanya merusak apa yang ada. Orang yang tahu tugasnya, tapi tidak melakukannya, itu sama dengan pengkritik yang tidak membangun,” jelasnya.

Ia berharap setiap diri calon pelayan meniti dan menuju pelayanan yang lebih baik. Tidak mudah menyadari waktu, sebab tiba-tiba waktu berjalan begitu cepat. Namun, Pimpinan HKBP selalu mempersiapkan yang terbaik untuk pembinaan para calon pelayan. Ia juga berharap, ketika besok Jumat para calon pelayan sudah mendapatkan surat pengutusan untuk berangkat ke tempat pelayanannya masing-masing, mereka sudah sampai di gereja atau tempat pelayanan yang dituju itu pada Minggu (7/7).

Selain itu, Pdt Martongo mengatakan pelayanan harus mencakup seluruh kategorial. “Bukan tidak sengaja kita [Departemen Koinonia] membangun anak-anak sekolah minggu sejak dini [melalui beberapa kegiatan hatopan] supaya bertumbuh dan berkembang di dalam iman menghadapi tantangan zaman,” jelasnya.

Kadep Koinonia memberikan arahan dan bimbingan usai para calon pelayan menikmati hidangan malam bersama. Turut hadir dalam pertemuan ini Kepala Biro Personalia Pdt Josmar Sinaga STh, Kabiro Oikumene Pdt Lelim Limbong MTh, Kepala Bagian Biro Pembinaan Pdt Hendrik Simanjuntak SSi Teol, Kepala Bagian Biro Personalia Pdt Tommy Tampubolon STh, Kabag Informasi Pdt Daniel Manalu MSi dan Staf Biro Personalia Diakones Arita Simbolon.

Ada 199 calon pelayan yang mengikuti LPP I. Calon pendeta 166 orang, calon guru huria 14 orang, calon bibelvrouw 2 dan calon diakones 17 orang. Mereka menjalani masa pembinaan ini selama 11 Juni – 5 Juli 2019. Sehari-hari turut memerhatikan berlangsungnya pembinaan, yaitu Kepala Biro Pembinaan Pdt Darwin Sihombing STh, Kepala Biro Personalia Pdt Josmar Sinaga STh, Kepala Bagian Biro Pembinaan Pdt Hendrik Simanjuntak SSi Teol, Kepala Bagian Biro Personalia Pdt Tommy Tampubolon STh dan Staf Biro Personalia Diakones Arita Simbolon. (Biro Informasi-DM)




comments

Leave a Reply