Juara W. Siahaan : Penting Pelihara Kesatuan, Bangun Komunikasi, dan Saling Mendoakan


Marilah kita bersama – sama mendoakan Gereja HKBP, marilah  kita juga memberikan yang terbaik untuk gereja, kiranya Tuhan senantiasa memberkati GerejaNya, semua pelayan, dan jemaat dimanapun berada”, demikian kutipan singkat dari kata sambutan Juara W. Siahaan,SE dalam Acara Penahbisan Pelayan HKBP di Pematang Terang – Serdang Bedagai, 20/09/20.

Juara W. Siahaan, SE selaku Ketua Panitia Penahbisan Pelayan HKBP yang diadakan di HKBP Pematang Terang tersebut memberikan kata sambutan mewakili seluruh jemaat yang didaulat oleh pemandu acara Kepala Biro Jemaat HKBP Pdt. Ebsan Hutabarat, M.Th.

Usai penahbisan pelayan, Kabiro Jemaat HKBP membacakan susunan acara selanjutnya  yaitu kata – kata sambutan yang diantaranya Ketua Panitia Penahbisan Juara W. Siahaan, SE., Pdt. Rinda Adriani Hotdiaturan Panjaitan, S.Th yang mewakili pelayan yang baru menerima tahbisan, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar (KRP HKBP) yang mewakili Pelayan Tahbisan HKBP, dan Pdt. Dr. Martongo Sitinjak (Kadep Koinonia HKBP) yang mewakili Ompui Ephorus HKBP untuk memberikan Bimbingan Pastoral.  

“Marilah kita bersama – sama  mendoakan Gereja HKBP, marilah kita juga memberikan yang terbaik untuk gereja, kiranya Tuhan senantiasa memberkati GerejaNya, semua pelayan, dan jemaat dimanapun berada. Kiranya Tuhan senantiasa menyertai kita semua, dan senantiasa memberikan kebijaksanaan kepada Pimpinan Gereja kita untuk melayani dan memimpin gerejaNya HKBP. Kita semua adalah manusia biasa, tentu ada kekurangan dan kelebihan. Kita saling melengkapi yang kurang dan memakai kelebihan kita untuk membantu yang lain. Kita tetap pelihara kesatuan di gereja HKBP ini”, kata Juara Siahaan.

 

Selain ajakan untuk saling melengkapi dan menopang satu sama lain, Bapak Juara W. Siahaan yang juga merupakan Ketua Panitia Pembangunan Rumah Dinas Ephorus HKBP di Tangerang menyoroti dampak virus corona yang bukan hanya melanda Indonesia tetapi juga sudah melanda dunia. Menurutnya, pandemik berdampak ke semua aspek kehidupan, dan situasi dampak pandemik ini sangat penting disikapi pelayan HKBP, baik Pendeta, Guru Huria, Bibelvrouw, dan Diakones untuk membimbing jemaat dan masyarakat secara umum.

 

“Luar biasa dampak dari Covid-19 yang kita hadapi ini, bukan hanya kita saja di Indonesia yang mengalami tantangan berat, tetapi dunia juga merasakannya sampai ke semua aspek kehidupan, khususnya ekonomi terjadi resesi. Inilah salah satu yang disampaikan Ompui  Ephorus HKBP tadi dalam khotbahnya, bagaimana kita harus menyikapi ini dengan bijaksana khususnya dengan penahbisan pelayan Pendeta, Guru Huria, Bibelvrouw, dan Diakones hari ini. Jemaat sangat perlu menerima bimbingan dengan pelayanan Bapak/Ibu Pelayan HKBP”, kata Juara Siahaan. 

 

Tak kalah pentingnya, Ketua Panitia juga menyampaikan pesan dan harapan kepada seluruh pelayan yang baru menerima tahbisan agar mampu menjalin komunikasi yang baik antar sesama pelayan dan juga dengan jemaat. Guna memotivasi para pelayan yang baru menerima tahbisan tersebut, dia mengatakan kalau model komunikasi ini sangat penting dan sangat berdampak di tengah – tengah jemaat. Demikian dengan kemampuan pelayan untuk mengenal konteks pelayanannya dan beradaptasi dengan baik.

 

“Salah satu masalah utama yang sering terjadi adalah karena komunikasi. Mengenai bagaimana cara mengatur dengan baik sangat perlu komunikasi, dan ini sering menjadi masalah di jemaat. Ada masalah komunikasi antara sesama pendeta maupun ke pelayan lainnya, demikian juga kepada jemaat. Oleh karena itu, kita perlu belajar terus bagaimana membangun komunikasi yang baik di tengah – tengah pelayanan. Harapan kami juga supaya Pelayan dapat membaca dan memahami geografi konteks pelayanannya supaya dapat beradaptasi dengan baik. Kadang kala, pelayan itu duduk salah berdiri salah, oleh karenanya supaya bisa berkomunikasi, mengenal, beradaptasi, dan melayani dengan baik”, ungkap Juara Siahaan.

 

Sambutan yang cukup singkat dan jelas disampaikan Ketua Panitia Juara W. Siahaan. Yang bersangkutan tak lupa juga sejak awal menyampaikan rasa bangga dan ucapan terimakasihnya serta ungkapan doa di akhir sambutannya dengan mengucapkan terimakasih kepada Pimpinan HKBP, seluruh Pelayan HKBP yang turut hadir, seluruh Pelayan yang baru menerima tahbisan, para keluarga pelayan yang ditahbis, demikian tamu – undangan baik dari internal HKBP maupun Pemerintah Daerah Kabupaten Serdang Bedagai.

Dalam sambutan tersebut juga, terdengar penjelasan kalau dirinya itu adalah anak jemaat HKBP Pematang Terang, dimana orangtuanya yang berdomisili di Pematang Terang adalah jemaat setempat. Mengecap pendidikan Sekolah Dasar (SD) sampai ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Pematang Terang, kemudian lanjut ke tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Medan, dan Kuliah di Jakarta, hingga sekarang berdomisili bersama keluarganya (Isteri boru Sinambela dengan tiga orang anaknya) di Tangerang – Banten dan terdaftar sebagai jemaat di HKBP Tangerang Kota. 

Sehari sebelumnya juga, Ketua Panitia juga bersama Praeses HKBP Distrik XIV Tebing Tinggi Deli Pdt. Pantun Silitonga, S.Th, M.Sc, Sekretaris Panitia Pdt. Mauli Halomoan Aritonang, S.Th, dan Pendeta HKBP Ressort Pematang Terang Pdt. Wissel Pomiantonius Siregar, M.Th menyerahkan cinderamata berupa Tas Penahbisan kepada pelayan yang menerima tahbisan secara simbolis. (Alter P.S)



comments

Leave a Reply