Jubileum 100 Tahun HKBP Tanjung Medan: Tuhan Pusat Perayaan

Perayaan Jubileum 100 tahun HKBP Tanjung Medan Distrik  I Tabagsel Sumbar dilaksanakan pada Minggu (20/10/2024). 


Panitia yang diketuai oleh Drs. Karisos Limbong, anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Selatan (2024-2029) merangkai acara perayaan Jubileum 100 tahun HKBP Tanjung Medan sebagai berikut; prosesi, penanaman pohon, penandatangan prasasti, ibadah, penyampaian kata sambutan, makan bersama dan penyerahan ulos.


Praeses HKBP Distrik I Tabagsel Sumbar, Pdt. Ebsan Hutabarat, M.Th memimpin ibadah perayaan Jubileum tersebut.


Kepala Departemen Marturia, Pdt. Daniel Taruli Asi Harahap, M.Th menerangkan bahwa yang dirayakan pada Jubileum adalah  penyertaan Tuhan sejak gereja tersebut berdiri dan dalam pelayanannya di dunia. Bukan manusia menjadi pusat perayaan, melainkan Allah yang mengasihi gerejaNya.


Pada umat yang menghadiri perayaan itu disampaikan oleh Pdt. Daniel pada khotbahNya. Tuhan bukan meminta persembahan "uang" dari umat yang diselamatkannya. Allah menghendaki   umatNya untuk mempersembahkan tubuhnya sebagai persembahan yang hidup dan kudus. Sebab itulah ibadah sejati.


Hendaklah setiap orang percaya bertransformasi (membaharui diri) dan memikirkan yang patut dipikirkan serta berkenan pada Tuhan, tegas Pdt. Daniel.

Pada lima ratusan umat yang menghadiri Jubileum,  tampak hadir anak jemaat HKBP Tanjung Medan yang telah  menjadi pendeta antara lain,  Praeses HKBP Distrik XXVIII Deboskab, Pdt. Nekson Simanjuntak, M.Th, Pdt. Sastro Siregar, S.Th, dan para pendeta yang pernah bertugas yaitu Pdt. Robert Sitorus, S.Th, Pdt. Rudi Simaremare, S.Th, Pdt. Halason Situmorang dan para pelayan penuh waktu di Distrik Tabagsel Sumbar. Saat ini, HKBP Tanjung Medan dipimpin oleh Pdt. Efendi Hutasoit, S.Th



Pustaka Digital