Kadar emosi manusia sangat menentukan pelayanan

Pelatihan Dasar CPE, “Kadar emosi manusia sangat menentukan pelayanan,” papar Sekjend HKBP

Bertempat di Ruang Doa PA Elim, Pematangsiantar dilaksanakan Training of Trainer bertajuk Pelatihan Dasar CPE (Clinical Pastoral Education) yang dilaksanakan oleh Departemen Diakonia HKBP dan kerjasama dengan ELCA. Sebagai fasilitator dalam kegiatan tersebut adalah Pdt. Nursini Sihombing. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pendampingan pastoral bagi para pelayan yang hadir dari berbagai kalangan dan denominasi gereja.


Pelatihan CPE dibuat bukan hanya untuk menolong pasien namun juga untuk menolong para pendamping (pendeta, konselor, atau pendamping) untuk dapat menemukan kelebihan dan kekurangan yang menjadi penghambat dalam pelayanan.

Dalam bimbingan pastoralnya Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Victor Tinambunan menyampaikan pentingnya mengatur kadar emosi dalam menjalani hidup sehari-hari. Penyebab dari emosi tersebut dapat berasal dari beban masa lalu, masa kini, atau masa depan. Pdt. Tinambunan juga mengajak calon pelayan dan para pelayan agar bisa mengelola emosi dengan baik dan beban yang ada tidak seharusnya ditanggung sendiri, agar kita tetap bisa menyampaikan pelayanan dengan baik. "Kadar emosi manusia (Distress [-] dan Eustress [+]) itu sangat menentukan bagaimana kita menjalani hidup sehari hari,” terang Pdt. Tinambunan (30/4/2021).


Acara dilanjut dengan sesi diskusi, dan saling berkenalan sesama peserta CPE, lalu diakhiri dengan ibadah penutupan.

Menjadi liturgis dalam ibadah Pdt. Masnah Nazara dari Gereja BNKP, dan Pdt. Keyboard Munthe dari Gereja HKI sebagai pelayan firman. Disela-sela ibadah sebelum penyampaian Firman, ada sesi mendengarkan testimoni dari 3 peserta CPE. Mereka menyampaikan kesan dan pesan serta kesaksian mereka sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan CPE. Kegiatan pelatihan ini dihadiri juga oleh Ibu Kadep Diakonia, Pdt. Debora Sinaga dan Praeses Distrik V, Pdt. Maurixon Silitonga.

Kegiatan ini resmi ditutup hari ini oleh Sekretaris Jenderal HKBP.

Korespondensi: Kantor Sekjend HKBP