"Di ari uju na jongjong ho di adopan ni Jahowa, Debatam, di Horeb, uju na nidok ni Jahowa tu ho; paluhut ma bangso i di Ahu, asa Ahu patubegehon tu nasida hatangKu, angka siparateatehononnasida, asa marhabiaran nasida mida Ahu saleleng mangolu nasida di tano on, asa diajarhon huhut tu angka anakhonnasida.

Yakni hari itu ketika engkau berdiri di hadapan Tuhan, Allahmu, di Horeb, waktu Tuhan berfirman kepadaku: suruhlah bangsa itu berkumpul kepada-Ku, maka Aku akan memberi mereka mendengar segala perkataan-Ku, sehingga mereka takut kepada-Ku selama mereka hidup di muka bumi dan mengajarkan demikian kepada anak-anak mereka."

5 Musa 4:10

Kadep Diakonia HKBP kepada Sinodestan Distrik V: Selamat Bersinode dengan Sukacita

Distrik V Sumatera Timur yang dipimpin oleh Pdt. Maurixon Silitonga memimpin Sinode Distrik di Gedung Sopo Godang HKBP Jl. Gereja no. 35, Pematang Siantar. Sinode ini dimaksudkan untuk mendengar laporan pelayanan dan kinerja Praeses Distrik V Sumatera Timur sepanjang tahun 2021. Selain itu, Sinode Distrik juga menjadi perpanjangan tangan dalam menyukseskan program HKBP Hatopan yang telah ditetapkan, serta menetapkan anggaran pemasukan dan pengeluaran tahun 2022.


Kepala Departemen Diakonia HKBP, Ibu Pdt. Debora Sinaga, M. Th juga turut hadir dan didaulat menjadi pemberita firman. Berangkat dari tema global HKBP yakni Filipi 2:2, Kadep Diakonia menyatakan akan pentingnya kesehatian dalam kehidupan sosial manusia.


Perbedaan adalah keniscayaan yang tidak dapat disangkal dan itu mengandung potensi lahirnya pergesekan dalam pergaulan atau interaksi sosial kita, baik di tengah masyarakat, bangsa, dan gereja. Perbedaan juga berpotensi untuk mendatangkan kedamaian. Di dalam pelbagai perbedaan, setiap orang ditantang untuk saling melengkapi dan melayani bersama. Oleh karena itu, untuk menghindari konflik kita perlu belajar untuk mewujudkan kesehatian dalam kasih, satu jiwa dan satu tujuan untuk pembangunan tubuh Kristus yang lebih matang. Kadep Diakonia dalam doanya juga memohon agar setiap Sinodestan dapat mengikuti Sinode dengan penuh damai sejahtera dan sukacita.

Sinode Distrik V Sumatera Timur dihadiri dari setiap resort yang ada di naungan Distrik V Sumatera Timur dan beragam unsur, yakni unsur sintua dan unsur jemaat. Berdasarkan laporan dari Sekretariat Panitia, peserta yang menghadiri Sinode ini berjumlah 160 orang.


Peserta Sinode yang hadir berasal dari 50 resort dan 1 persiapan resort. Selain itu, turut hadir peserta Sinode yang diutus dari beberapa lembaga, seperti utusan partohonan (Bibelvrouw, Diakones, Guru Huria) masing-masing 1 orang, utusan PPD (2 orang), utusan PPND (2 orang) dan dari unsur Kantor Distrik (2 orang). Mari kita doakan agar Sinode Distrik V Sumatera Timur dapat berjalan dengan baik.


HKBP menjadi berkat


Pustaka Digital