Karnaval Jubileum 125 Tahun Zending HKBP

HKBP menetapkan bulan Juni 2024 sebagai Bulan Zending (Pekabaran Injil). Tujuan bulan Zending ini adalah untuk membangkitkan kembali semangat Pekabaran Injil seluruh warga HKBP, sebagaimana pernah dilakukan oleh Pardonganon Mision Batak (PMB) 125 tahun  lalu yang dipelopori oleh Pdt. Henock Lumbantobing. 



Dalam rangka menumbuhkan semangat berzending tersebut, HKBP Distrik V Sumatera Timur mengadakan kegiatan karnaval zending pada Jumat (14/6/2024) di Pematangsiantar. Menurut Ketua Panitia, Hendra Simanjuntak dan koordinator Karnaval, Pdt. Risen Parhusip, M.Th dan Rektor UHN, St. Dr. Muktar Panjaitan bahwa  kendaraan yang telah dihiasi oleh peserta berjumlah  60 unit, yang terdiri Resort dan unit pelayanan HKBP  seperti Biro Zending, Panti Asuhan Elim, lembaga Pendidikan  STM dan UMKM Distrik V.



Titik keberangkatan karnaval  berada di lokasi kantor Biro Zending HKBP dan secara resmi dilepaskan oleh Walikota Pematangsiantar, dr. Susanty Dewayani, Sp.A didampingi Kepala Departemen Marturia,  Pdt. Daniel Taruli Asi Harahap, M.Th, Praeses, Pdt. Maurixon Silitonga, M.Th, Kabiro Zending, Pdt. Hotman Nababan, S.Th dan Ketua Panitia.


Karnaval 125 tahun zending HKBP akan mengintari Kota Pematangsiantar yang rutenya berakhir di Kompleks Universitas HKBP Nommensen (UHN) Pematangsiantar. Kegiatan karnaval ini juga dilengkapi dengan berbagai kegiatan seperti fragmen awal zending Batak dan atraksi budaya.



Kota Pematangsiantar diwarnai dengan kemeriahan Karnaval Zending dengan jargon "kobarkan zending" dan "zending bersinar."


Pada pemberian kata sambutan,  Walikota Pematangsiantar menyampaikan bahwa pemerintah mendukung, mengapresiasi kegiatan zending HKBP dan berharap dukungan dari HKBP untuk kota Pematangsiantar yang lebih baik.



Kepala Departemen Marturia, mengatakan bahwa "puncak kegiatan bulan Zending HKBP akan diadakan pada 30 Juni 2024. Semua huria HKBP di seluruh dunia merayakannya secara bersama, dan Pimpinan bersama ribuan warga akan melaksanakannya di Auditorium UHN Pematangsiantar." Kepada peserta karnaval ditekankan bahwa "semua kita adalah surat Kristus, karena itu diharapkan semua peserta tidak akan membuang sampah dijalan, namun peserta memberi dukungan bagi kota Pematangsiantar sebagai kota yang bersih."



Kendaraan yang dihiasi juga diperlombakan oleh panitia. Tiga orang juri dipilih oleh panitia pusat yaitu Kepala Biro TIK, Pdt. Fortunate Siagian, Ketua Balitbang, Pdt. Dr. Jhon Kristo Naibaho dan Kepala Biro Percetakan, Pdt. Batara Silalahi, M.Th.



Sesuai penilaian tim juri bahwa peserta  karnaval yang terbaik adalah  HKBP Siantar Kota, HKBP Martoba dan UMKM Distrik V Sumatera Timur. (B.TIK)










Pustaka Digital