Kepala Departemen Koinonia Memberitakan Kabar Baik di HKBP Parulohan


Menerima dan Memberitakan Kabar Baik

Peribadahan minggu 18 Oktober 2020 menjadi peribadahan yang sangat berkesan bagi jemaat HKBP Parulohan Resort Parulian Distrik XVI Humbang Habinsaran. Hal itu tercermin dari antusias para jemaat yang berbondong hadir untuk mengikuti peribadahan. Namun bapak Pdt. Okto Sinambela (Pendeta HKBP Resort Parulian) dengan sigap mempersiapkan peribadah dengan mengindahkan Protokoler Kesehatan yang dianjurkan oleh pihak pemerintahan dalam setiap jalannya peribadahan minggu.

Peribadahan HKBP Parulian di minggu itu di adakan sebanyak dua kali, yaitu ibadah pada pukul 08.30 Wib dan 10.00 Wib. Bapak kepala Departemen Koinonia melayani ibadah minggu pukul 10.00 Wib dengan memberitakan firman dan bapak pendeta Resort melayani ibadah minggu sebagai liturgis peribadahan.

Kitab Ayub 42 : 7-17 merupakan Firman yang disampaikan di ibadah minggu XIX Setelah Trinitatis, dengan topik minggu Melestarikan Budaya (Pauliulihon angka Hasomalan na denggan). Dalam khotbahnya, ia berbesan bahwa “Jahowa do mangalehon, Jahowa do na mambuatsa. Pinuji ma Tuhan I”.  manang aha pe namasa ala Jahowa do namangalehon, Jahowa do namambuatsa, Pinuji ma goarNa. Penderitaan yang dialami Ayub tidak menjadikan iman kepercayaannya surut kepada Tuhan. Kesetiaanya kepada Tuhan sama saja, ketika di saat berkelimpahan ataupun berbeban berat. Ia tetap percaya bahwa Tuhan adalah empunya atas segalanya. tidak menjadi alasan ketika mendapat maka berperilaku baik namun ketika belum mendapat maka menjauh atau bahkan meninggalkan, itu ciri kualitas hajolmaon na rendah, lugasnya. Sebab kita harus bersama “molo rap di hasonangan, ingkon rap di hasusaon” ia mengistilahkan dengan umpama batak yang mengatakan “niarit Tarugi, sai tong porapora, molo tinean na uli, teanon do gora.

Tung lomololomo do jolma di hamoraon ni portibion, gabe sega parsaoran ima nueang na gebe perenungan. Asa mulak hita tu hinaarga ni hajolmaon, molo ro haporsuhon di pandemic 19 on, molo ndang mulak hita tu hina arga ni hajolmaon molo tong do umarga arta sian hajolmaon di masa covid 19 on, muba ma hita. ingkon umarga do hajolmaon sian hamoraon, ummarga do hajolmaon siam parbinotoan. Ingon ummarga do hajolmaon sian manang aha pe sinamot di portibion. Nilai kemanusiaan harus melebihi apapun, demikian tutur pengkhotbah dalam pemberitaan firman.

Kelugasan bahasa dan cara penyampaian yang diutarakan pengkhotbah menjadikan jemaat mengikuti alur dari pemberitaan ayub dalam firman yang disampaikan. Ekspresi tawa, senyum dan terkadang tunduk tersipu dari jemaat seolah mencerminkan respon yang dilontarkan jemaat ketika mengikuti alur Firman yang diterima.


Kunjungan Bapak Martongo Sitinjak ke huria ini memiliki kesan tersediri bagi jemaat, disamping kehadirannya sebagai Pimpinan HKBP, penyerahan tower/Pemancar Wi-Fi dari Komite Nasional- LutheranWorld Federation (KN-LWF) kepada HKBP parulian dapat disaksikan langsung oleh bapak Kepala Departemen Koinonia HKBP. Dalam penyerahan tower ini, Sekretaris KN-LWF menyampaikan; kiranya apa yang telah di sampaikan ini dapat berguna bagi para peserta didik yang mengikuti pembelajaran virtual saat ini serta Firman Tuhan tetap sampai ketengah-tengah jemaat yang sulit dan pelayan di Lintong ni huta.


Daerah Lintong nihuta, terlebih daerah Parulohan merupakan wilayah yang sulit dijangkau oleh sinyal/jaringan internet hingga kini, hal itu terlihat dari upaya yang di lakukan pihak KN-LWF dalam mendirikan pemancar tersebut. Beberapa kendala ditemui mulai dari mencari titik sumber pemancar bahkan posisi dari pancarannya, akhirnya dapat ditemukan bahwa pancarannya dapat di ambil dari daerah siborongborong dengan membuat titik bantuan kordinat di HKBP Sibuntuon.

Rasa syukur yang luar biasa di luapkan seluruh jemaat dan parhalado kepada KN-LWF disampaikan oleh Bapak Pendeta Resort HKBP Parulian. Kiranya apa yang disampaikan ini menjadi alat bagi huria untuk lebih mengembangkan pelayananNya, harap pak pendeta. Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Prasati dan nota kesepakatan antara KN-LWF dengan HKBP Parulohan oleh sekretaris eksekutif KN-LWF, ibu Pdt. Basa Hutabarat dan Bapak Pdt. Okto F. Sinambela.

Usai penandatanganan, KN-LWF juga menyampaikan dua unit laptop kepada pihak gereja dan memberitahukan bahwa pembayaran WiFi selama 12 bulan (1 Tahun) telah dibayarkan oleh pihak KN-LWF.

Ungkapan terimakasih juga disampaikan oleh Bapak Pdt. Dr. Martongo Sitinjak kepada pihak KN-LWF atas dedikasi yang telah mereka sampaikan kepada masyarakat Parulohan, secara khusus huria HKBP Parulohan. Kiranya Pendidikan dan pengetahuan masyarakat semakin berkembang di tengah-tengah umat di kecamatan ini, ungkapnya. Wi-fi yang berkekuatan 50 mbps ini dapat menjangkau radius hingga 300 meter dari titik kordinat, sehingga dapat membantu system pengajaran yang di terapkan saat ini. Semoga huria dapat mengarahkan penggunaannya sehingga tepat guna bagi para pemakainya, harap Pdt, Dr. Martongo Sitinjak.






comments

Pustaka Digital