"Ai pos situtu do rohana: Tuk do gogo ni Debata patupahon na pinarbagabagaNa i.

Dengan penuh keyakinan, bahwa Allah berkuasa untuk melaksanakan apa yang telah Ia janjikan."

Rom 4 : 21

Kerjasama dengan Universitas Pelita Harapan, HKBP Tangerang Adakan Pemberdayaan Jemaat Pelatihan Produksi Video

Seksi pendidikan HKBP Perumnas Tangerang bekerja sama dengan Jurusan Program Ilmu Komunikasi Universitas Pelita Harapan (UPH) Lippo Karawaci melakukan pelatihan produksi video bagi jemaat HKBP Perumnas Tangerang. Lokasi pelatihan diadakan di dua tempat, yaitu di Gedung serba guna (GSG) HKBP Perumnas Tangerang dan di Kampus Universitas Pelita Harapan 21, 28/5 dan 4,11/5/2022.

Pelatihan ini bertujuan untuk melatih para peserta pengenalan kamera video, tehnik pengambilan gambar, penulisan naskah untuk video dan editing video untuk dapat meliput kegiatan rutin gereja seperti ibadah online setiap Minggu, acara Natal, paskah, ulang tahun gereja.


Peserta juga dilatih untuk membuat konten video bertema rohani untuk menguatkan iman jemaat. Kegiatan ini peserta dibatasi hanya 20 orang saja dengan tujuan supaya lebih efektif dan peserta dapat belajar lebih instens.

Menurut Jumadal Simamora mewakili dosen Program Studi Ilmu Komunikasi UPH pelatihan tidak dipungut biaya. Pelatihan merupakan bentuk Pengabdian  Kepada Masyarakat (PKM) dari sebagian dosen prodi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Pelita Harapan dengan melibatkan dosen, mahasiswa dan staf laboratorium programs studi Ilmu Komunikasi Universitas Pelita Harapan.


PKM menjadi satu diantara tiga tugas pokok dosen yang tercantum di dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Jadi selain mengajar dan meneliti, dosen juga harus mengabdi kepada masyarakat. Pengabdian masyarakat sendiri merupakan proses implementasi ilmu pengetahuan, teknologi yang dimiliki dosen kepada masyarakat dan diharapkan dapat memberikan solusi  atas permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Setelah kegiatan pelatihan, peserta diharapkan memiliki ketrampilan dalam memproduksi video dengan teknik-teknik yang telah diberikan dan selanjutnya mereka dapat mengambil pelayanan di gereja HKBP Perumnas Tangerang, khususnya dalam bidang multimedia.


St. S.M Rajagukguk sebagai Ketua Seksi Pendidikan berharap agar para peserta dapat mengimplementasikan penggunaan video semaksimal mungkin khusunya pada kegiatan-kegiatan Gereja HKBP Perumnas Tangerang yang menjadi bagian pelayanan di Gereja.

Para peserta juga dapat  mengembangkan  penggunaan video untuk wirausaha yang menghasilkan keuntungan/manfaat. Pelatihan direncanakan berkelanjutan antar Jemaat HKBP Perumnas Tangerang  dengan Universitas Pelita Harapan. (Hotma. T/ P. Sam – B’TIK)