Konsultasi Kepala Bidang Koinonia HKBP dipimpin oleh Kepala Departemen Koinonia HKBP


Konsultasi Kepala Bidang koinonia HKBP 2020 merupakan sarana penjemaatan program-program HKBP yang berorientasi pada Reposisi Pekabaran injil dan secara khusus di bidang koinonia. Para Kabid Koinonia distrik diharapkan dapat meneruskan pelayanan hatopan Departemen Koinonia, guna menjangkau seluruh aras kehidupan masyarakat.

Kegiatan ini berlangsung pada 8-10 Januari 2020  di Perkampungan Pemuda HKBP, Jetun, Silangit.

Kegiatan diawali dengan ibadah pembukaan yang dilayani oleh Pdt. Lelim Limbong (Ka.biro Oikumene) sebagai Pengkhotbah dan Pdt. Saut Silitonga (Ka.bid Humbang Habinsaran) memimpin doa syafaat. Dengan rasa syukur dan penuh sukacita yang dari Tuhan, Bapak Kepala Departemen Koinonia HKBP membuka kegiatan ini di dalam nama Allah Bapa, AnakNya Tuhan Yesus Kristus, dan Roh Kudus.

Program Pelayanan Departemen Koinonia secara terperinci di informasikan oleh Bapak Kepala Departemen Koinonia HKBP dan kelima kepala Biro (Oikumene, Pembinaan, Kategorian Sekolah Minggu Remaja Naposobulung, Kategorial Perempuan dan Ketegorial Ama Lansia) yang dinaungan Koinonia dalam kegiatan ini.

Pdt. Dr. Martongo Sitinjak juga memaparkan buah pemikiran akan Reposisi Penginjilan HKBP tentang Penginjilan dalam dunia yang terus berubah. Ia menekankan akan kesiapan dan kecakepan seorang pelayan dalam memahami Firman Tuhan yang tidak pernah berubah dengan Dunia yang terus berkembang.

Kadep Koinonia melontarkan bahwasanya memberitakan Injil adalah hakekat dari sebuah gereja. Injil harus terus menerus di segarkan dan dilaksanakan, maka kita berupaya menyegarkan kembali spiritualitas pemberitaan kabar baik bagi semua orang percaya di HKBP, terangnya.

Para Kabid Koinonia Distrik dan utusan distrik yang mengikuti kegiatan ini berkesempatan untuk memaparkan program-program yang telak dilaksanakan oleh distrik sepanjang tahun 2018 s/d 2019 dan yang akan dilaksanakan di tahun 2020 di pertemuan ini.

Diskusi yang bernuansa santai mengalir dalam setiap sessi, para peserta tidak hanya menyampaikan program distrik yang dapat terlaksana namun juga menyampaikan kendala dan hambatan yang di temukan dalam setiap kegiatan koinonia di distrik. Pembahasan mereka pun tidak hanya berlangsung di ruangan, tetapi juga berlanjut di setiap reses kegiatan. Dengan bernuansa candaan para peserta juga berdiskusi mengenai pelayanan di halaman perkampungan Pemuda, Jetun Silangit.

Peserta konsultasi juga merembukkan hal-hal yang prinsipiil di bidang Koinonia yang harus di laksanakna di tahun ini, diantaranya ; menjemaatkan Buku Ende dan Kurikulum Sekolah Minggu HKBP, melaksanakan Periodesasi kepengurusan PPD dan PPND di distrik, serta memberangkatkan parompuan distrik serta Naposobulung Distrik mengikuti Konferensi di tahun ini.


Konsep kekeluargaan yang utuh sebagai pelayan juga terpancar dalam konsultasi ini, saling menopang dan menyemangati pelayanan di layangkan. Begitujugalah yang diharapkan oleh para peserta di setiap aras pelayanan huriaNya.

Pdt. Dr. Martongo Sitinjak menghimbau agar seluruh peserta agar lebih intens melayani huriaNya dengan memberitakan kabar baik bukan kabar tidak baik. Program yang menjadi pembahasan juga di diskusikan di kegiatan ini bukanlah untuk diperdebatkan, melainkan untuk disosialisasikan serta di jemaatkan. Sebab program merupakan hasil dari rapat Praeses dan MPS, maka para kabid diharapkan mampu menjadi mitra para praeses dan pendeta Resort serta seluruh pelayan untuk mengaplikasikannya di HuriaNya HKBP, terang bapak kadep koinonia.

Tuhan memberkati, menyertai dan melindungi setiap pelayanan hambaNya serta Tuhan-lah kiranya yang bekerja dalam diri pelayan di HuriaNya HKBP, tutup Bapak Kadep. // Pdt Reonald Hutabarat

























comments

Leave a Reply