"Arga do hamu ditobus; unang ma olo hamu parhatobanon ni jolma!

Kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar. Karena itu janganlah kamu menjadi hamba manusia."

1 Korint 7:23

KRP Periode 2017-2021 Sebut Pendeta HKBP Adalah Pendeta Yang Saling Membantu

Serah terima jabatan Ketua Rapat Pendeta (KRP) HKBP diselenggarakan di kantor KRP yang berada di Komplek STT HKBP Pematangsiantar pada Sabtu, (8/1/2022). Pdt. Dr. Robinson Butarbutar sebagai KRP periode 2017-2021 meyerahterimakan jabatannya kepada Pdt. Maulinus Wellington Siregar, S.Th sebagai KRP periode 2021-2025 sesuai dengan Surat Keputusan Ephorus HKBP yang dibacakan Kepala Biro Personalia, Pdt. Rikson Hutahaean, M.Th.


Selama bertugas sebagai KRP, Pdt. Robinson berupaya membangun persaudaraan dan mengajak semua pendeta HKBP untuk saling peduli antara satu dengan yang lain. Kerja keras KRP berbuah baik. Saat memori tugas dibacakan oleh Sekretaris KRP periode 2017-2021, Pdt. Herbin Marulitua Purba, M.Th, turut melaporkan Keuangan Tumpak Liat Pendeta (TLP) per tanggal 31 Desember 2021, berjumlah Rp. 3.051.000.694 (tiga miliar lima puluh satu juta enam ratus sembilan puluh empat rupiah). 


KRP periode lalu dalam sambutannya menyebutkan bahwa pendeta HKBP adalah pendeta yang mau berbagi dan saling membantu. Itu dibuktikan dengan keaktifan pendeta HKBP selama 4 tahun dalam membayar TLP mencapai 61%. Beliau juga mengapresiasi kepiawaian staf yang bekerja di Kantor KRP dalam mengelola keuangan dan penegakan kedisiplinan seturut dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga lembaga KRP HKBP.

Pdt. Maulinus sebagai KRP periode baru sangat mengapresiasi kinerja KRP sebelumnya. Beliau juga memohon doa dari para hadirin, yakni semua pendeta, pelayan, dan jemaat HKBP agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik. "Mereka akan berupaya membangun jejaring untuk dapat membantu kehidupan para pendeta yang mengalami kesusahan, terkhusus membantu pendidikan anak-anak pendeta yang kesulitan dalam hal finansial," terang Pdt. Maulinus.


Mewakili Pimpinan, Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST sampaikan apresiasi atas kinerja KRP sebelumnya yang telah melayani selama 4 tahun. Pekerjaan Tuhan dapat dirasakan semua pendeta melalui pelayanan KRP periode lalu. "Ini berbanding lurus, pengelolaan yang baik akan membawa keterbukaan hati semua pendeta, sebab telah tercipta "trust". Jadi, kinerja KRP sebelumnya dapat menjadi inspirasi bagi kita semua," tegas Pdt. Victor. 



Pdt. Victor melihat kelebihan Pdt. Maulinus yang mudah bergaul dengan banyak orang, dan akan turut mendoakan serta menopangnya sebagai KRP HKBP periode 2021-2025. Beliau berharap, di saat menjalankan tugas sebagai KRP, Pdt. Maulinus menekankan tugas panggilan (poda tohonan) pendeta kepada semua pendeta, yaitu bahwa kependetaan adalah anugerah Tuhan. Pendeta HKBP dapat menjadi teladan dalam kualitas hidup, karakter, iman, tutur kata, dan perbuatan kasih; keterampilan pelayanan pendeta HKBP harus sangat baik.

Rangkaian acara penyampaian sambutan diakhiri dengan Bimbingan Ompu i Ephorus. Sebagai Ephorus, Pdt. Dr. Robinson menegaskan bahwa pendeta HKBP telah mempersembahkan hidupnya, karena itu semua pendeta harus tetap menjaga marwah dan wibawa kependetaannya. Pendeta HKBP harus menyadari dan memperlihatkan ketaatan terhadap struktur, serta turut membantu pelayanan HKBP yang sangat besar, seperti penyelesaian utang Dana Pensiun yang tinggal sedikit, sebut Pdt. Robinson.

HKBP telah memasuki tahun 2022, yaitu Tahun Kesehatian. Harapan pada tahun ini tentunya agar seluruh pendeta dapat sehati sepikir membangun pelayanan HKBP yang lebih baik lagi. Pada bulan Oktober 2022, HKBP akan mewujudkan Sentralisasi Keuangan. Untuk merealisasikan ini, dibutuhkan partisipasi dari semua pihak. Maka semua pendeta HKBP bertugas memberi penjelasan mengenai dampak baik dari sentralisasi keuangan kepada semua warga jemaat yang dilayani," terang Pdt. Robinson.

Dalam serah terima jabatan KRP, turut dilaksanakan serah terima Sekretaris KRP dari Pdt. Herbin Marulitua Purba, M.Th kepada Pdt. Guntur Simanjuntak, M.Th yang dihadiri oleh Pimpinan dan Kepala Biro, yakni Kepala Departemen Diakonia, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th, Pdt. Dr. Enig Aritonang, Pdt. Manaris Simatupang, M.Th, Pdt. Jhonni Sihite, S.Th, Pdt. Toho Sinaga, S.Th, M.Si (Kom), Pdt. Sondang Napitupulu, M.Th, Pdt. Herwin Simarmata, M.Th, dan Pdt. Fortunate SMM Siagian, S.Th. (B-TIK)




Pustaka Digital