Kunjungan Franklin dan Jesica Derist ke Kantor Pusat HKBP

Hubungan baik dengan Evanggelical Lutheran Church in America (ELCA) sudah terjalin cukup lama. Pada Jumat 23/9/2022 Direktur ELCA  untuk Asia Pasifik, Rev. Franklin Ishida didampingi koleganya Rev.  Jesica Derest berkunjung ke Kantor Pusat HKBP di Pearaja. Franklin menerangkan beliau bekerja di Global Mission Desk di luar Amerika Serikat. Programnya terkait dengan  program diakonia dan development program seperti membantu daerah yang mengalami bencana alam, kelaparan, penegakan keadilan, kemanusiaan dan bukan penginjilan. 


ELCA bekerja sama dengan gereja-gereja Lutheran dibanyak negara dan yang bukan Lutheran seperti di Thailand. Di Indonesia, ELCA bekerjasama dengan gereja-gereja Lutheran yang merupakan anggota Lutheran World Federation (LWF) seperti HKBP, HKI, GKPS dan lembaga pendidikan seperti Universitas  Nommensen,  Sekolah Tinggi Teologi (STT) HKBP dan lembaga lainnya.  ELCA mengirimkan profesor-profesor ke Lembaga Pendidikan dan memberi beasiswa kepada pelayan gereja, terang Franklin.



Kedatangan Franklin dan Jesica disambut hangat Kepala Departemen Koinonia, Pdt. Dr. Deonal Sinaga dan Kepala Departemen Diakonia, Pdt. Debora Purada Sinaga, M.Th yang didampingi beberapa Kepala Biro (Kabiro) yaitu  Kabiro Oikumene, Pdt. Mika Purba, S.Th, Kabiro TIK, Pdt. Fortunate Siagian, S.Th, Kabiro Lansia, Pdt. Herwin Simarmata, M.Th dan Bendahara Umum, Pdt. Manaris Simatupang, M.Th.


Dalam pertemuan tersebut banyak hal yang dibicarakan dan didiskusikan yang berhubungan dengan pelayanan gereja kepada jemaat, masyarakat dan bangsa. Kepala Departemen Koinonia dan Kepala Departemen Diakonia memberi cendramata dari HKBP berupa ulos kepada Franklin dan Jesica. Demikian juga HKBP menerima kenangan dari ELCA yang diberikan dua orang utusan ELCA yang diterima dua Kepala Departemen yang berupa Buku Nyayian Gereja Lutheran di Amerika. (B.TIK).