Kunjungan Pastoral Di HKBP Perumnas Klender, Ephorus HKBP Ajak Jemaat untuk Berbuah


Hari ini, Minggu (12/5/2019) Pimpinan HKBP Ompu i Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing mengadakan kunjungan pastoral kepada jemaat HKBP Perumnas Klender Distrik VIII DKI Jakarta. Ephorus pada Minggu ini pukul 15.00 wib dijadwalkan membuka Pra Konferensi Perempuan HKBP di Gedung Sopo Marpingkir, Jakarta Timur. Karenanya, Ephorus memberikan waktu untuk mengunjungi jemaat dalam pelayanan ibadah Minggu.

“Kunjungan Pastoral ini cukup mengagetkan kami, parhalado (majelis jemaat), ketika diberitahu staf [red.staf Ephorus] kemarin Sabtu. Kami sangat senang Ompu i Ephorus HKBP menyempatkan waktu mengunjungi HKBP Perumnas Klender. Kami sangat welcome. Sebenarnya kami tidak ada memberitahu kepada jemaat, tetapi berita kedatangan Ompu i langsung diketahui banyak jemaat. [Mereka] saling memberitahu karena senangnya,” kata Pendeta Ronald Manalu MTh.


Dalam pelayanan Ibadah Minggu, Ephorus menyampaikan firman Tuhan dari kitab Yohannes 15: 1 – 8. Diawali dengan sapaan selamat hari Minggu, warga jemaat menyambutnya dengan hangat. Ephorus menjelaskan, setiap orang percaya harus berbuah di dalam kehidupannya. Tuhan menginginkan alangkah baiknya ada pengenalan atau evaluasi diri untuk berbenah menjadi semakin baik.

Tuhan Yesus menggambarkan kehidupan manusia seperti pohon yang berbuah. Berbuah banyak, baik dan berkualitas, serta bermanfaat karena Tuhan telah memberikan yang terbaik bagi semua ciptaanNya. “Kita tidak hanya untuk dibimbing, dilindungi supaya bertumbuh, tetapi juga berbuah. HKBP juga menetapkan visi supaya menjadi berkat. Tuhan memberkati HKBP supaya HKBP menjadi berkat bagi dunia dari landasan firman Tuhan di Kejadian 12: 2,” kata Ephorus.


Dituliskan, Aku akan memberkati engkau menjadi berkat bagi dunia. Kata ‘dunia’ yang dimaksud bukan semata-mata dipahami secara geografis, tetapi perbuatan atau sikap. Dunia, [digambarkan sebagai] siapa yang belum mengenal Tuhan, siapa yang belum menerima firman Tuhan, siapa yang belum menghidupi firmanNya, sehingga bukan sekadar geografis, jauh dekat dari kita, tetapi lebih spesifik tentang perbuatan,” tutur Ompu i.

Dituliskan juga, bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Aku-lah yang memilih kamu supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap. Kalimat ini menjelaskan, setiap orang percaya adalah orang yang dipilih dan diutus untuk melayani dan berbuah. Kepada siapa? Kepada sekitar kita, keluarga, tetangga, persekutuan, kampung halaman, pekerjaan, gereja, bangsa, dan umat serta bangsa lainnya, papar Ephorus.


“Kita adalah orang-orang pilihan. Kita adalah utusan untuk menjadi berkat. Kita dimampukan dengan kelebihan dan keterbatasan kita, kesehatan, materi, pekerjaan, keluarga, kemampuan kita untuk berbuat bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga agar bermanfaat untuk orang lain,” kata Ephorus.

Turut melayani ibadah Minggu ini, Pendeta HKBP Ressort Perumnas Klender Pdt Ronald Manalu MTh sebagai liturgist serta para sintua yang ambil bagian pelayanan sebagaimana biasanya. Ibadah yang dimulai sejak Pkl. 10.00 Wib ini berjalan khidmat dan sukacita, serta tampak juga jemaat memenuhi lantai utama serta balkon gereja tersebut. HKBP Perumnas Klender melayani dengan empat kali ibadah setiap Minggunya; di antaranya pukul 06.00 Wib, pukul 10.00 Wib, pukul 16.00 Wib dan pukul 18.00 Wib. Ibadah Sekolah Minggu pukul 08.00 Wib. Gereja ini dilayani oleh Pdt Ronald Manalu sebagai Pendeta Ressort, Pdt Jojor Pardede STh (Pendeta Fungsional), dan Pdt Edison Siahaan STh (Pendeta Fungsional).


Utusan warga jemaat baik dari persekutuan kaum bapak, kaum ibu, parhalado dan termasuk pelayan penuh waktu menyampaikan rasa bangga dan sukacitanya. Mereka mengucapkan terima kasih atas kunjungan pastoral Ephorus HKBP. Usai Ibadah Minggu, acara dilanjut dengan ramah tamah dan tak lupa mengabadikan momen sukacita ini dengan foto bersama. (APS)













comments

Leave a Reply